Blora_ tanah air kebanggaan...


Tahukah Anda tentang Blora?

- Wah…yang saya tahu menurut buku pelajaran, Blora banyak hutan jati-nya!

Ah…masa hanya itu?! Anda tidak tahu tentang Pramoedya Ananta Toer?
- Wah…siapa itu ya? Waduh…anda ini bagaimana, mahasiswa kok tidak tahu penulis besar kita yang pernah dinominasikan Nobel Sastra itu?
- Maaf mas…saya memang tidak tahu Pramoedya dan Blora selain kayu jati.
Begitulah sekelumit pembicaraan tentang Blora dengan generasi muda jaman sekarang. Kota tua yang mempunyai banyak cerita namun hilang di antara cerita-cerita baru yang muncul di dunia media massa sekarang. Generasi yang hidup setelah reformasi pada umumnya tidak mengenal nama Pramoedya dan Blora. Nama itu hanya terngiang dalam bunyi-bunyi yang abstrak di antara hingar bingar jutaan informasi yang dianggap lebih cool dibandingkan membicarakan Blora. Blora adalah sebuah kabupaten di pinggiran Jawa Tengah yang berbatasan lansung dengan Jawa Timur. Secara administratif terletak di wilayah paling ujung (bersama Kabupaten Rembang) di sisi timur Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten diapit oleh lima wilayah administratif, yaitu bagian utara oleh Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati, bagian Timur oleh Kabupaten Bojonegoro, bagian Selatan oleh Kabupaten Ngawi dan bagian barat oleh Kabupaten Grobogan. Luas wilayah administrasi kabupaten yang didominasi oleh pegunungan kapur ini adalah1820,59 km² pada ketinggian 96,00-280 m di atas permukaan laut. Hampir 50% wilayah ini arealnya adalah hutan yang meliputi hutan negara dan hutan rakyat, 25% areal persawahan dan sisanya perumahan dan lain-lain.Daerah ini merupakan kawasan krisis air dan rawan banjir longsor saat musim hujan. Ada Sungai Lusi yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Blora yang sumber mata airnya dari pegunungan Kapur Utara (Rembang).

Menurut cerita, nama Blora berasal dari kata belor (Lumpur) yang berkembang menjadi mbeloran. Ada juga yang melihat dari kata wai (Air) dan lorah (Jurang/Dataran Rendah), sehingga disebut wailorah atau bailorah yang kemudian berkembang menjadi balora atau Blora.

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Seberapa Cepat Loading Blog Anda?