Posts

Showing posts from November, 2011

Microsoft Windows [Wikipedia]

Image
Sang - Pena Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa…

Spesial Post Today : Trenggiling

Image
Sang Pena - Trenggiling atau tenggiling, atau pangolin, atau peusing bahasa Inggrisnya “Scaly Ant Eater”, atau nama latinnya Manis javanica (untuk jenis trenggiling yang hidup di Indonesia dan Malaysia) adalah hewan mamalia (menyusui) yang tidak bergigi.
Trenggiling hidup di daerah hutan hujan tropis dataran rendah. Bentuk tubuhnya memanjang. Panjang dari kepala sampai ekor trenggiling dewasa sekitar 90 cm, sedang panjang ekornya sekitar 40 cm, beratnya dapat mencapai 12 kg. Umumnya trenggiling betina lebih pendek dari trenggiling jantan. Ia memiliki lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga dari panjang tubuhnya untuk mencari semut disarangnya. Disamping itu trenggiling mempunyai 2 pasang kaki yang pendek, mulut, mata, telinga dan sisik yang keras.

Sisik tenggiling yang bersifat keras, tebal dan tajam itu membantu melindungi dirinya dari musuh. Selain itu ia melindungi dirinya dari musuh dengan cara menggulung badannya hingga seperti bentuk bola sehingga sulit dimakan oleh preda…

Agama, Problem Solver Bukan Bagian Masalah

Image
Sang Pena - Amman, JORDAN. Segala permasalahan kemanusiaan harus dihadapi secara bersama umat berbagai agama. Dengan demikian agama akan menjadi problem solver masalah-masalah masyarakat, bukan sebaliknya menjadi bagian dari masalah.
Hal tersebut disampaikan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam 2nd Muslim-Catholic Forum (Forum Islam Katholik ke II) yang berlangsung di Aman, Jordania, mulai tanggal 21 hingga 24 November 2011. Din mengungkapkan, memang agama-agama memiliki perbedaan, tetapi harus diakui memiliki banyak persamaan. Maka perlu perbedaan itu didekatkan, dan persamaan – persamaan itu ditingkatkan. “Umat beragama perlu mencari titik temu pandangan (kalimatun sawa') untuk menghadapi musuh bersama (aduwun sawa'). Namun, musuh bersama bukanlah pemeluk agama lain, tetapi masalah – masalah umat manusia dan kemanusiaan seperti kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, ketakdilan, dan kekerasan,” jelasnya.
2nd Muslim-Catholic Forum atau Fo…

1 Muharram, Tahun Baru yang Sesuatu Banget!

Image
Sang Pena - Sebagaimana perkiraanku sebelumnya, tak ada keramaian yang kutemukan di momen tahun baru Islam, 1 Muharram yang menandakan masuknya penanggalan Hijriah dengan tahun yang baru. 1 Muharram dalam Islam sama dengan 1 Januasi dalam penanggalan Masehi. Sama-sama tahun baru. Namun jangan anggap bahwa tahun baru selalu dirayakan meriah, 1 Muharram adalah tahun baru yang menyedihkan, meminjam istilah Syahrini, sesuatu banget, susah sekali dijelaskan. Entah 1 Muharram ini menyedihkan atau tragis atau memang cara melaluinya seperti ini, tak ada ungkapan menarik bagi penulis selain menanggapi 1 Muharram ini sebagai tahun baru yang sesuatu banget.

Silahkan dinalar sendiri, tak pakai nalar pun tak apa, tahun baru 1 Januari sangat meriah, setiap orang sepertinya memiliki rangkaian agenda memasukinya, para alim ulama memasukinya dengan duduk di masjid menyambut tahun baru dah menyampaiakn doa tahun baru, penulis lupa bagaimana bunyi doa tahun baru itu. Para politikus membuat acara refleks…

Kisah Tragis Dibalik "Hymne Guru"

Image
Sang Pena - Istilah “pahlawan tanpa tanda jasa” bahkan kemudian menjadi ikon yang disematkan kepada para guru. Siapa sangka bila “sang pahlawan” yang tanpa tanda jasa itu sejatinya dialami si pencipta lagu tersebut. Ya, Sartono, pencipta lagu yang juga guru itu di masa senjanya hidup dalam kesederhanaan. Laki- laki asal Madiun yang genap berusia 72 tahun, 29 Mei ini, tinggal rumah sederhana di Jalan Halmahera 98, Madiun. Sejak ia mengajar musik di SMP Purna Karya Bhakti Madiun pada 1978, hingga “pensiun” pada 2002 lalu, Sartono tetap menyandang guru honorer. Ia tak punya gaji pensiunan, karena statusnya bukan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kawan-kawan sesama guru sempat membantu mengajukan dia menjadi PNS. “Katanya sih sering diajukan nama saya, tetapi sampai saya pensiun dari tugas sebagai guru, PNS untuk saya kok tidak datang juga,” kata Sartono.
Sartono memang minder dengan latar belakang pendidikannya yang tak tamat SMA. Ia mengajar di SMP Purna Karya Bhakti, yang belakangan l…

Intermezo : Indonesia Vs Malaysia In Memoriam

Image
Sang Pena - Rekan pembaca yang terhormat, sebelumnya mari kita bersyukur atas keberhasilan Tim SeaGames Indonesia yang telah berhasil menjadi Juara Umum dalam kejuaraan bergengsi Olahraga di Asia Tenggara tersebut.
Namun sayang beribu sayang kawan, ternyata tim kebanggaan kita, Garuda Muda gagal menjadi Juara dalam final melawan Malaysia Senin malam kemarin (21/11/2011).
Tapi, marilah kita bersyukur, karena dari gambar di samping, Bapak SBY masih begitu bersemangat :)
Dan yakinlah, bahwa kalau Indonesia tidak menang tahun depan, berarti KALAH LAGI.
(Tulisan untuk menghibur diri atas kekalahan Garuda Muda :( ) Keep Optimis!

Lomba Cipta Lagu Mars IPM

Image
Sang Pena - IPM - LOMBA CIPTA LAGU MARS IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH

Ketentuan Umum :

1. Peserta adalah kader, anggota dan alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Dapat diikuti secara perorangan maupun kelompok.

2. Karya harus original (asli/bukan jiplakan), belum pernah diedarkan dan tidak sedang terikat kontrak dengan pihak manapun serta tidak pernah diikutsertakan dalam Festival/Lomba Cipta/Kompetisi Lagu dimanapun juga dan belum pernah dipublikasikan di media apapun dengan cara dan bentuk apapun.
3. Lirik lagu harus selaras dengan Visi, Misi, dan cita-cita Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

4. Lirik lagu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. Lagu berirama mars dan penuh semangat dengan tempo cepat atau sedang.

6. Durasi lagu maksimal 5 menit (sudah termasuk Intro, Interlude, dan Coda dan sebanyak 2 putaran).
7. Lagu dibawakan dengan iringan minimal satu alat musik (guitar/piano/keyboard) dan direkam dalam CD (3 copy).
8. Setiap peserta dapat mendaftarkan maksimal 3 (tiga) buah…

Judulnya? Gara-gara Kondisioner

Image
Sang Pena - WARNING : TULISAN INI 100 % ASLI, BUKAN BAJAKAN DAN TIDAK MENGANDUNG FORMALIN. WASPADALAH! WASPADALAH! WASPADALAH! 
Sebelumnya terima kasih kepada SUNSILK Kondisioner (bukan bermaksud promosi lho ya) yang menjadi sebab terciptanya tulisan dan insiden ini, bagaimana cerita lengkapnya??, yuk ikuti saja. Cekidot
Pagi tadi, angin semriwing, matahari malu-malu di ufuk timur, burung-burung masih tidur (??), ayam-ayam belum juga pada bangun (??), dan parahnya lagi, sambil sempoyongan gara-gara bedagang (maksudnya kebanyakan begadang) saya berniat beli produk ajaib tadi di atas warung depan rumah (tanpa bermakdus promosi). Perjalanan dari membeli sampai pulang lagi berlangsung indah, tertib, damai dan tanpa gangguan SATPOL PP (??). Tapi bencana tersebut baru dimulai saat ritual mandi pagi dilaksanakan. Mandi dimulai, !@$@%#$%, @%#$@#%, lalu ambil shampo dan menggosok-sogokannya di rambut. Aneh?? Kok gak berbusa?? (masih belum sadar, cuma mbatin), ambil lagi? kok gak berbusa lagi? …

Mungkin Tapi Sulit, atau Sulit Tapi Mungkin?

Image
Sang Pena - (Oleh Pangestu Adika Putra, IMM Asyifa Unimus) Betapa generasi masyarakat kita saat ini terlihat bodoh, tertinggal zaman, dan mudah kagum atau lazim dalam Bahasa Jawa disebut nggumunan ketika melihat atau mendengar informasi yang menyatakan bahwa Negara-negara maju telah menciptakan teknologi super-canggih, mampu terbang keluar angkasa, mampu menciptakan alat yang mampu membuat wajah manusia mirip antara satu dengan manusia lainnya, subhanallah. Kita hanya bisa kagum, tercengang, lalu bertanya dalam hati “Apakah benar? Apakah mungkin manusia bisa sehebat itu? Parahnya lagi terkadang kita memvonis bahwa semua itu berkat bantuan Jin atau Setan!”. Pemikiran semacam ini semakin menguatkan indikasi bahwa kita adalah generasi bodoh, generasi konsumtif yang miskin inovasi-pemikiran cerfas, yang dewasa ini kita biasa menyebutnya dengan istilah KUPER (kurang pergaulan, red).
Sebenarnya penemuan spektakuler di atas bukanlah sesuatu tanpa dasar atau tidak ada ilmunya, semua yang ada …

Kenapa Ayam Menyeberang Jalan?

Image
Sang Pena - (Berita Unik)Baca dulu, kalau ndak bisa tersenyum (atau tertawa sekalian) berarti anda kurang waras :p hehehe Bukan hanya para ilmuwan dan tokoh dunia saja yang memberikan pernyataannya, namun para tokoh Indonesia pun tertarik untuk berpastipasi memberikan pendapatnya tentang “Mengapa ayam menyeberang jalan?”.
Berikut pendapat para tokoh di Indonesia;
Soekarno:
Ia sedang mencari identitas kebangsaannya!
Soeharto:
Ayam-ayam mana yang ndak nyebrang, tak gebuk semua!
Kalo perlu ya dikebumiken saja.
Habibie:
Ayam menyeberang dikarenakan ada daya tarik gravitasi, dimana terjadi percepatan yang mengakibatkan sang ayam
mengikuti rotasi dan berpindah ke seberang jalan.
Gus Dur :
Kenapa ayam nyebrang jalan? Ngapain dipikirin? Gitu aja kok repot!”
Megawati:
Ayamnya pasti ayam wong cilik. Dia jalan kaki toh?
SBY:
Ia kurang pengertian dengan kebijakan saya, Dengan ketenangan, kita harus hati-hati, jangan sampai masalah ini menjadi fitnah dan pembunuhan karakter ayam, dalam hal ini merupakan…

Eva News : Pembantaian Orangutan di Kalimantan

Image
Berita ini special untuk sobat saya Eva Ayu Setyowati :) yang mendadak ribut pas chatting buat memuat berita orang utan. Jadi sebagai bentuk ucapan terima kasih, saya sisipkan gambarnya pada gambar di samping, Dialah EVA : Pahlawan Orang Utan dari Semarang. (Tetep senyum, gak usah marah kalo baca :P )
Sang Pena - Liputan6.com, Jakarta: Lembaga Centre for Orangutan Protection (COP) mengecam kasus penganiayaan dan pembantaian sejumlah orangutan di kawasan perkebunan perusahaan kelapa sawit di Kalimantan Timur. COP meminta aparat terkait, agar segera bertindak.

"Seekor orangutan jantan dewasa ditemukan dalam kondisi terluka pada bagian wajah dan tubuhnya di jalan utama dekat perkebunan kelapa sawit milik PT Khaleda Agroprima Malindo, Kalimantan Timur, 3 November lalu," kata aktivis COP Hendri Baktiantoro. "Luka pada orangutan itu diduga akibat terkena benda tumpul."

Hendri mengatakan, kasus penganiayaan itu diduga orangutan kerap memasuki kawasan perkebunan sawit mil…

Maskot Sea Games XXVI Indonesia

Image
Sang Pena - Maskot resmi SEA Games 2011 ini adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik. “Modo” adalah singkat dari nama Komodo, sementara “Modo-Modi” adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti “pemuda-pemudi”, dalam bahasa Indonesia yang berarti remaja-remaja Indonesia.

Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games. 
[Sang Pena -…

God : Loving You All as Always

Image
Sang Pena - Dalam firman-Nya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui” (QS:2:216)
Kawan, sedikit tulisan ini adalah untuk kenang-kenangan, yaa mengenang diri saya sendiri, mengenang pengalaman hidup yang terkadang terlampau pahit, dan untuk janji pembelajaran. Bahwa kita tidak pernah boleh menyerah dalam menghadapi permasalahan hidup, seberapapun banyak dan sedihnya. Jangan mengeluh!Apakah mengeluh bisa menyelesaikan masalah? Jika iya, silahkan mengeluh! Tak ada untungnya mengeluh, bahkan hanya membuat semua ini terasa menghimpit dada. Apakah sulit? Pasti! Sakit? Memang. Tapi Allah maha tahu penderitaan kita, jika hari ini kita tidak bahagia. Ikhlaskanlah! Karena Allah akan menyediakan hari yang lebih indah, lebih bahagia, untuk hari esok dan selamanya. Mengeluh tidak pernah menyelesaikan masalah, sekalipun itu keluhan TERBAIK, tidak, tidak akan mampu…

Catatan Sea Games 2011

Image
Sang Pena - Tulisan ini adalah salah satu bentuk apresiasi saya, :) sebagai warga negara yang baik untuk turut serta memberitakan, menyebarluaskan informasi penting, dan memberikan kepada pembaca semua, sesuatu yang ap tu det (up to date :) hhehehe ...
Malam ini (11/11/2011) adalah malam pembukaan Sea Games 2011 yang diselenggarakan di Palembang. Tanggal yang cantik untuk menikah, sunatan, melahirkan, dan jadian (bagi mereka yang jomblo abadi) :D
Jadi, lewat sedikit tulisan ini (maaf ye ndak bisa panjang, lagi sibuk niih :P ) penulis, pemilik Blog Sang Pena, dengan setulus-tulusnya mengharapkan agar negara kita, mampu keluar menjadi Juara Umum Sea Games untuk memborong sebanyak-banyaknya medali emas. Amiiinnn. [Sang Pena] AYO INDONESIA BISA!
Ayo! Ayo! Ayo! INDONESIA BISA!

Catatan Special Hero Day (Hari Pahlawan)

Image
Sang Pena - Sebelumnya penulis (saya, selaku BOS Sang Pena.Inc) mengucapkan "Selamat Hari Pahlawan" kepada semua pahlawan Indonesia, (yang gugur, yang masih hidup, yang gentayangan (pahlawan jahat pastinya), dan yang lihat postingan ini dari warnet / ngutang) pahlawan yang telah berjuang extra keras (bukan Extra Jozz lho ya :P ) mempertahankan kedaulatan RI, memperjuangkan kemerdekaan RI, dan yang terakhir, pahlawan yang paling anyar :) mempertahankan kemiskinan RI, mempertahankan pengangguran dalam jumlah yang fantastis (astaghfirullah), dan mempertahankan negara ini dipimpin birokrasi bermoral tukang mblandong. Kelompok terakhir inilah, penulis dengan tidak hormat menyebutnya : Pahlawan dengan (minta) Tanda Jasa.  Tikus bermuka dua : Iblis, dan muka Tukang Mblandong. (yang kurang tau, silahkan buka kamus bahasa Blora :p)
Mari kita menundukkan, (yang baca, yang nulis, yang lagi numpang di rumah tetangga karena hujan, yang sedang sibuk kerjain tugas, yang sedang masak, dan s…

Jangan "Korbankan" Perasaan!

Image

Pancasila Vs Teknologi, Edan Bro!

Image
Sang Pena- Bagi sebagian warga Indonesia, (meskipun dengan niat yang tulus ikhlas penulis berharap agar kata sebagian tersebut menjadi seluruh) Pancasila bukan hal yang asing lagi. Mulai dari pedagang asongan di terminal Terboyo, penjual nasi kucing di sepanjang jalan Semarang – Solo, penjual nasi pecel di Stasiun Poncol, sampai beberapa anggota Dewan gendut di kursi malas masing-masing. Jika ditanya, “Bapak tahu Pancasila?” jawabannya bisa ditebak, mereka semua akan menjawab yang sama, “Ya, saya tahu. Pancasila dasar Negara kan?”
Kemudian jika spektrum pertanyaan diperluas, “Bapak, hafal Pancasila?” Nah, ini lain lagi. Jawaban bisa dipastikan beragam, ada sebagian yang bisa,ada sebagian pula yang tidak hafal sama sekali. Terkadang penulis curiga, jika ada beberapa wakil rakyat yang mengaku Warga Negara Indonesia, ber-KTP Indonesia, pernah menghafal Dasa Dharma Pramuka, namun tidak hafal Pancasila. Perlu dipertanyakan kembali, perlu diusut, bahkan kalau perlu Ijazahnya ketika Sekolah…