Posts

Showing posts from June, 2014

Shubuh Rindu

Image
Bersahutan katak menyambut
Kala fajar, basah wudhu menyejuk tubuh
Bersujud dalam rindu
Sempurna Ramadhan sepenuh kalbu
Terhias retina shubuh matahariku,
Ramadhan, seberapa lama usiamu?

Semarang, 30 Juni 2014 Fajar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Image
Repost from Forum Icity (Indosat Community) - Sang Pena -
Hai bro n sist, apa kabar? Semoga sehat-sehat ya, tetap semangat berforum

Btw, puasa hari ini atau besok? hehe, bukan masalah. Yang puasa hari ini insha ALLAH baik, yang puasa besok juga baik, masing-masing punya dalil untuk menentukan awal ramadhan, baik yang imkanur rukyat atau metode hisab.

Yang paling penting adalah, sikap tasamuh, saling menghormati. Jangan merasa diri paling benar, dengan menyalahkan metode lain, menganggap usang dan sebagainya. Jangan sampai ramadhan malah menjadi bulan perpecahan, tetap kita harus berSATU. Jangan sampai menjadi ajang menghujat, tetapi mari angkat topi dan belajar hormat, berbesar hati.

Dalam post ini sangpena cantumkan screenshot aplikasi astronomi yang ada di tab, mungkin bisa dijadikan "wawasan" | usia bulan memang sudah masuk tanggal satu, sekalipun tidak bisa dilihat, dan memang mustahil dilihat karena ketinggiannya hanya setengah derajat.


Untuk diketahui, te…

Akhir Perjalanan

Image
Sang Pena - “Jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi sepahit apapun keadaanya.”- Andrea Hirata

Terkadang, kita memang harus menelan pil pahit itu, tertahan di tenggorokan dan kehabisan air. Tersengal, satu sisi menahan pahitnya, satu sisi harus menghela nafas.

Pilihan hidup tak selalunya hitam dan putih, terkadang abu-abu itu datang. Tak berbeda dengan nasib beberapa orang yang terlampau menghiraukan. Dan, bisa jadi orang-orang merisaukan tersebut adalah kita sendiri.

Begitulah hidup. Tak selalunya manis, pun biar pahit, yakinlah ia adalah jawaban terbaik.

Resonansi - Sang Pena

Semarang, 26 Juni 2014 Hujan

Dolly dan Anak-Anak Kita

Image
Resonansi Republika - Asma Nadia - "Rumahku tak jauh dari tempat itu, masih tercoret di ingatan, bagai - mana tempat itu merampas masa kanak-kanakku dan teman-teman sebayaku," tulis Janitra dalam akun Twitter-nya, seorang anak yang besar di lingkungan Dolly, kompleks pelacuran terbesar di Asia Tenggara.

Ia masih ingat ketika kecil, setiap sore jika ingin bermain layang-layang harus melewati lokalisasi yang menyatu dengan rumah penduduk itu. Di gang-gang kecil Dolly, para perempuan me nawarkan tubuh mereka. Tak jauh dari sana, remaja-remaja sibuk menikmati miras.

Sulit untuk mengatakan bahwa Dolly tidak "meracuni" anak-anak yang besar di lingkungan tersebut. Dalam parentingkita mengenal bahwa anak melakukan proses imitasi, meniru. Dan pendidikan dengan contoh adalah pendidikan yang sangat kuat melekat dalam pikiran anak.

Setiap hari anak-anak di lingkungan Dolly mendapat contoh bahwa pelacuran, juga mabuk- mabukan dan berzina, adalah hal yang wajar dan lum…

Jadilah Ahli >> Materi Menulis Berita Kreatif

Image
Sang Pena - (Sedikit saripati yang saya sampaikan saat seminar menulis tadi sore :) - Sahabat, hari ini sudah punya keahlian belum? Baik yang sesuai bidang pendidikan kita ataupun yang JAUH dari bidang yang kita geluti sehari-hari. Bukan rahasia umum lagi bahwa baik dan buruk, hari ini kita sedang hidup di zaman yang serba "terspesialisasi". Bidang apa saja yang anda sukai PASTIKAN untuk belajar setahu mungkin. Ini penting, bahkan menjadi SANGAT VITAL di masa depan.

Lihatlah orang-orang yang ahli, mereka selalu memberikan pelayanan di atas rata-rata, karena memang pemahamannya yang lebih baik. Waktu dan usaha yang kita investasikan hari ini, dengan belajar menjadi ahli, insha Allah akan menjadikan kebaikan di masa depan. Insha Allah :)

Sederhananya, contoh menjadi ahli itu seperti ini: kalau menjadi dokter jadilah dokter yang ahli, ilmunya dahsyat amalnya bermanfaat, jadilah supir yang ahli - menyenangkan penumpang, petani yang ahli - hasil maksimal, guru yang ahli - mencerd…

Catatan Pilpres 2014

Image
Sang Pena - Satu kata: menarik! itulah yang saya simpulkan untuk Pilpres tahun ini, 2014. Bagaimana tidak, hampir semua elemen masyarakat, tanpa sekat struktur dan kelas, semua berbondong-bondong ikut membicarakan masing-masing sosok capres-cawapres. Mulai dari petani di sawah-sawah, para penikmat kopi di warung yang hampir rubuh di pojok kampung, guru-guru honorer yang nasibnya diPHP, hingga anak-anak SD yang belum memiliki hak pilihpun turut beropini ria. Apalagi, mereka sosok tak tersentuh yang meminjam tangan lain guna menancapkan kepentingan mereka di negeri ini. Apalagi, para pengamat di negeri ini yang mendadak didewakan, sok pinter - beberapa lagi terbeli netralitasnya untuk membela salah satu calon - taqlid buta saya bilang.

Alhasil, pilpres tahun ini menjadi saingan pildun yang juga tinggal hitungan jam akan digelar. Hampir sama, ada fanatisme pendukung yang meluap-luap di masing-masing pihak. Ada supporter yang selalu membela - hingga tak peduli benar dan salah pihak yang d…

Jika Patah Hati

Image
Sang Pena - Assalamu'alaikum, selamat pagiii :) | Adakah dari kawan semua yang sedang patah hati? sakit banget kan. Memang, pasti sakit rasanya. Tapi bisa sembuh lho, pasti bisa sembuh. Penuhilah hatimu dengan Allah dan kegiatan-kegiatan positif. Beraktivitas dengan komunitas dan lingkungan yang mendukung bakatmu tentunya. InshaAllah racun itu perlahan bisa hilang.

Coba diingat-ingat, saat sembilu itu menerka hatimu *uhuk* ciyee #eh. Sungguh duniamu saja yang dilanda sedih. Saat kamu sedih, apakah matahari ikutan ngambek tidak berbagi hangatnya? saat kamu sedih apakah bumi protes dengan tidak lagi berputar pada porosnya? Enggak kan? so, saat kita sedih, dunia kita saja yang bersedih, saat kita bahagia dunia akan tertawa dan riang bersama kita. Pasti!

Tumpahkanlah kepadaNya segala kesedihanmu. Curhatlah segalanya kepadaNya, gundah resah dan tangismu, bersimpuh di hadapNya, bukan untuk meminta hati yang baru, tetapi mintalah kekuatan hati dan ketetapan hati untuk melangkah lebih ba…

Sedekah Nasional #1000SandalRamadhan

Image
Sang Pena - Assalamu'alaikum, :) | semoga senantiasa dalam keberlimpahan dan nikmatNya, mohon maaf SENGAJA mengganggu untuk dibaca sejenak :) | semoga berkenan ya, inshaAllah BERMANFAAT.

Ingatkah? Umar Bin Khattab berkata "Semua perbuatan baik akan saling membanggakan diri di akhirat, lalu sedekah akan berkata : Akulah yang paling utama di antara kalian semua"  Lalu, Utsman bin Affan R.A. turut berkata "Berniagalah dengan Allah melalui sedekah, pasti kamu akan beruntung!"

Di dalam surat Al Baqarah: 254 “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”

= = =

Betapa banyak catatan emas tentang sedekah di dunia ini, yuk kembali membangkitkan ghirah bersedekah di bulan Ramadhan :) | komunitas @pejuang_muslim menjelang ramadhan ini ada program sedekah #1000Sa…

SoundCloud | Cara Asyik "Bersuara" :D

Image
Sang Pena - Saya ini tergolong "technologeek", hampir di banyak social media. Terutama di situs atau socmed yang populer. Soundcloud misalnya, malam ini saya memutuskan untuk bergabung, tujuannya? ya bergabung saja, minimal saya jadi sedikit tahu ilmunya :) hehe, biarpun tidak punya band atau grup musik sendiri.

Tahukah anda, souncloud mengubah paradigma yang dahulunya menganggap bahwa musik cukup didengarkan (streaming) dan selesai. Namun, kini dengan souncloud, berbagi audio menjadi sebuah media pertemanan yang menyenangkan dan bermanfaat. Salah satu keunggulan yang lain adalah, kelebihannya dalam "menjual" suara kita menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Jadi, sangat direkomen nih buat temen-temen yang narsis, bikin deh channel-nya, mulai belajar public speak :) ndak melulu harus musik kok, puisi, prosa, dan cerpen sekalipun, bisa lho kita rekam dan upload di souncloud, jadi, tertarik bikin akun di SoundCloud? klik di sini ya.

Terima kasih, yang mau mampir di cha…

Shalat Seperti Mandi

Image
Sang Pena - Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda, Bagaimanakah pendapatmu seumpama ada sebuah sungai di muka pintu salah seorang dari kamu, lalu ia mandi daripadanya setiap hari lima kali, apakah masih ada tertinggal kotorannya?" Para sahabat menjawab, "Tidak." Nabi saw bersabda, "Maka demikianlah shalat lima waktu, Allah akan menghapuskan dosa-dosa dengannya."

(Bukhari - Muslim)