Posts

Showing posts from June, 2010

Sekedar numpang cerita

Tulisan ini ku tulis tepat satu malam sebelum besok aku berangkat Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah XVII di Jogja. Yah ... gak ada tujuan neko2 juga sih, cuma sayang aja kalau event sebesar itu gak tak abadikan di dunia ke duaku (maya), hmmm ... insyallah besok kami dari delegasi IPM Blora akan berangkat dari Cepu jam 8 pagi, tapi /.... mmm, biasanya sih gak sampai tepat2 amat, paling2 jadinya jam 9, maklum jam karet emang udah membudaya. hehe ...

Tulisan ini utamanya sih cuma buat ngingetin aja kalau sehabis muktamar nanti aku harus nulis lagi di sini nyeritain muktamar itu sendiri, hehe ... yaaa ... namuanya juga sinau. Emang sih tulisan ini gak mutu buat di baca, tapi emang aku gak nulis buat di baca kok, sebenernya sih udah waktunya tidur nih ... temen2 udah pada ngingetin, tapi rasanya kok gak asik kalau belum nulis itu semua, hmmm ... baik kawan, dalam tulisan ini aku mohon doa2 kawan semua, semoga akan ada perbaikan dari Muktamar tahun ini, baik untuk Muhammadiyah, Ipm, aisi…

Belajar Sejarah Internet

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Internet, media yang satu ini memang salah satu media yang cukup diminati di era teknologi ini, banyak sekali informasi yang dapat kita akses, baik dari lokal, nasional, bahkan internasional dapat kita saksikan di waktu yang bersamaan dengan teleconference, lalu apa internet itu ?? berikut ini akan ada sedikit pemaparan yang penulis ambil dari blog-blog yang sudah ternama silahkan dinikmati dan selamat belajar.

1.Pengertian Dari Internet

Apa pengertian dari Internet,Pengertiannya adalah jaringan global komputer di dunia,dapat diartikan juga sebagai Jaringan Komputer yang luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.Internet berasal dari kata Interconnection Networking,yang artinya koneksi atau hubungan antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam t…

Geografi Kabupaten Blora

Wilayah Kabupaten Blora terdiri atas dataran rendah dan perbukitan dengan ketinggian 20-280 meter dpl. Bagian utara merupakan kawasan perbukitan, bagian dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Bagian selatan juga berupa perbukitan kapur yang merupakan bagian dari Pegunungan Kendeng, yang membentang dari timur Semarang hingga Lamongan (Jawa Timur). Ibukota kabupaten Blora sendiri terletak di cekungan Pegunungan Kapur Utara.Separuh dari wilayah Kabupaten Blora merupakan kawasan hutan, terutama di bagian utara, timur, dan selatan. Dataran rendah di bagian tengah umumnya merupakan areal persawahan.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Blora merupakan daerah krisis air (baik untuk air minum maupun untuk irigasi) pada musim kemarau, terutama di daerah pegunungan kapur. Sementara pada musim penghujan, rawan banjir longsor di sejumlah kawasan.

Kali Lusi merupakan sungai terbesar di Kabupaten Blora, bermata air di Pegunungan Kapur Utara (Rembang), mengalir ke arah barat melintasi kota Purwodadi yang …

Kebudayaan Daerah

Seluruh kebudayaan daerah yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia.

Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab. Kebudayaan India terutama masuk dari penyebaran agama Hindu dan Buddha di Nusantara jauh sebelum Indonesia terbentuk. Kerajaan-kerajaan yang bernafaskan agamaHindu dan Budha sempat mendominasi Nusantara pada abad ke-5 Masehi ditandai dengan berdirinya kerajaan tertua di Nusantara, Kutai, sampai pada penghujung abad ke-15 Masehi.

Kebudayaan Tionghoa masuk dan mempengaruhi kebudayaan Indonesia karena interaksi perdagangan yang intensif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan Nusantara (Sriwijaya). Selain itu, banyak pula yang masuk bersama perantau-perantau Tionghoa yang datang dari daerah selatan Tiongkok dan menetap di Nusantara. Mereka menetap dan menikahi p…

Sejarah NU

Sejarah NU

Keterbelakangan baik secara mental, maupun ekonomi yang dialami bangsa Indonesia, akibat penjajahan maupun akibat kungkungan tradisi, telah menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa ini, melalui jalan pendidikan dan organisasi. Gerakan yang muncul 1908 tersebut dikenal dengan "Kebangkitan Nasional". Semangat kebangkitan memang terus menyebar ke mana-mana - setelah rakyat pribumi sadar terhadap penderitaan dan ketertinggalannya dengan bangsa lain. Sebagai jawabannya, muncullah berbagai organisasi pendidikan dan pembebasan.Kalangan pesantren yang selama ini gigih melawan kolonialisme, merespon kebangkitan nasional tersebut dengan membentuk organisasi pergerakan, seperti Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada 1916. Kemudian pada tahun 1918 didirikan Taswirul Afkar atau dikenal juga dengan "Nahdlatul Fikri" (kebangkitan pemikiran), sebagai wahana pendidikan sosial politik kaum dan keagamaan kaum santri. Dari situ kemudian…

Sejarah Pendidikan Indonesia

Pendahuluan

“Knowledge is power”

Kutipan yang terkenal dari Francis Bacon tersebut jelas mengungkapkan pentingnya pendidikan bagi manusia. Sumber pokok kekuatan manusia adalah pengetahuan. Mengapa? Karena manusia dengan pengetahuannya mampu melakukan olah-cipta sehingga ia mampu bertahan dalam masa yang terus maju dan berkembang.

Dan proses olah-cipta tersebut terlaksana berkat adanya sebuah aktivitas yang dinamakan PENDIDIKAN. Pendidikan menurut KBBI berarti sebuah kegiatan perbaikan tata-laku dan pendewasaan manusia melalui pengetahuan. Bila kita lihat jauh ke belakang, pendidikan yang kita kenal sekarang ini sebenarnya merupakan ”adopsi” dariberbagai model pendidikan di masa lalu.

Informasi mengenai bagaimana model pendidikan di masa prasejarah masih belum dapat terekonstruksi dengan sempurna. Namun bisa diasumsikan ”media pembelajaran” yang ada pada masa itu berkaitan dengan konteks sosial yang sederhana. Terutama berkaitan dengan adaptasi terhadap lingkungan di kelompok sosialnya.

Pen…

Sejarah Kabupaten Blora

Asal Usul Nama Blora

Menurut cerita rakyat Blora berasal dari kata BELOR yang berarti Lumpur, kemudian berkembang menjadi mbeloran yang akhirnya sampai sekarang lebih dikenal dengan nama BLORA.

Secara etimologi Blora berasal dari kata WAI + LORAH. Wai berarti air, dan Lorah berarti jurang atau tanah rendah..

Dalam bahasa Jawa sering terjadi pergantian atau pertukaran huruf W dengan huruf B, tanpa menyebabkan perubahan arti kata.Sehingga seiring dengan perkembangan zaman kata WAILORAH menjadi BAILORAH, dari BAILORAH menjadi BALORA dan kata BALORA akhirnya menjadi BLORA.

Jadi nama BLORA berarti tanah rendah berair, ini dekat sekali dengan pengertian tanah berlumpur.

Blora Era Kerajaan Blora dibawah Kadipaten Jipang

Blora di bawah Pemerintahan Kadipaten Jipang pada abad XVI, yang pada saat itu masih dibawah pemerintahan Demak. Adipati Jipang pada saat itu bernama Aryo Penangsang, yang lebih dikenal dengan nama Aria Jipang. Daerah kekuasaan meliputi :

Pati, Lasem, Blora, dan Jipang sendiri. Akan…

Wahyu Terakhir

Diriwayatkan bahwa surah Al-Maaidah ayat 3 diturunkan pada sesudah waktu asar yaitu pada hari Jumaat di padang Arafah pada musim haji penghabisan [Wada'].

Pada masa itu Rasulullah SAW berada di Arafah di atas unta. Ketika ayat ini turun Rasulullah SAW tidak begitu jelas penerimaannya untuk mengingati isi dan makna yang terkandungdalam ayat tersebut. Kemudian Rasulullah SAW bersandar pada unta beliau, dan unta beliau pun duduk perlahan-lahan. Setelah itu turun malaikat Jibril AS dan berkata:

"Wahai Muhammad, sesungguhnya pada hari ini telah disempurnakan urusan agamamu, maka terputuslah apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan demikian juga apa yang terlarang olehnya. Oleh itu kamu kumpulkan para sahabatmu dan beritahu kepada mereka bahwa hari ini adalah hari terakhir aku bertemu dengan kamu."

Setelah Malaikat Jibril AS pergi maka Rasulullah SAW pun berangkat ke Mekah dan terus pergi ke Madinah.Setelah Rasulullah SAW mengumpulkan para sahabat beliau, maka Rasulullah SAW pun…

Kisah Dakwah Nabi Muhammad SAW

Bazzar telah memberitakan dari Dihyah Al-Kalbi ra. katanya: Aku telah diutus oleh Rasulullah SAW dengan membawa sepucuk surat kepada Kaisar, Pembesar Romawi. Bila aku tiba di negerinya, aku terus mendatanginya, lalu aku serahkan surat itu kepadanya, sedang di sampingnya keponakannya yang berkulit merah, dan berambut lurus. Dia pun membaca surat itu yang berbunyi (Nas surat menyurat itu tersebut di dalam Al-Bidayah Wan-Nihayah 3:83). "Dari Muhammad Utusan Allah, kepada Heraklius, Pembesar Romawi."

Mendengar bunyi surat itu, Pembesar Romawi mulai marah, lalu menyanggah: "Surat ini tidak boleh dibaca sekarang!" dia menyeringai. "Kenapa?" tanya Kaisar. "Dia memulai denganamanya dulu sebelum engkau. Kemudian dia memanggilmu dengan pembesar Rom, bukan Maharaja Rom!". "Tidak", sambut Kaisar, "biar surat ini dibaca untuk diketahui isinya". Surat Nabi SAW itu terus dibacakan hingga selesai, dan setelah semua pengiring-pengiring Kaisar …

Membangkitkan Semangat Ikhlas dan Ishlah dalam Muhammadiyah

Image
Kenapa Muhammadiyah mampu bertahan hingga usia satu abad? Selain berkah Allah, Muhammadiyah dan seluruh institusi organisasi yang berada di dalamnya, mampu bertahan lama karena antara lain, semangat keihklasan para penggeraknya. Sejak KH A. Dahlan dan generasi awal hingga saat ini penggerak Muhammadiyah dari Pusat hingga Ranting dikenal tulus hati dalam berkiprah di Persyarikatan. Termasuk di dalamnya berkiprah Organisasi Otonom, Majelis, Lembaga,Amal Usaha, dan institusi - institusi lainnya.

Ikhlas adalah kondisi batin yang memotivasi setiap orang untuk berbuat dengan tulus hanya meraih ridha Allah dalam berkerja, berusaha, dan bertindak apa saja dalam hidup ini. Aktif dalam mengurus Muhammadiyah semata-mata karena Allah ingin beribadah dan menjalankan fungsi kekhalifahan melalui gerakan Islam ini. Muhammadiyah, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul A'isyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hisbul Wathan Muhammadiyah, …

Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)

Image
Blora - Tanggal 2 - 7 Juli 2010 akan menjadi tanggal bersejarah bagi IPM. Muktamar pertama (setelah berganti nama) akan di gelar bersama dengan Muktamar 1 abad Muhammadiyah dan Muktamar Aisiyah. Muktamar yang diperkirakan menjadi paling akbar ini akan diikuti oleh ribuan penggembira dari seluruh pelosok negeri. Meskipun wacana yang berkembang beberapa daerah tidak dapat mengikuti. Karena keterbatasan dana, namun antusiasme untuk dapat hadir tetaplah luar biasa, meskipun hanya sebagai penggembira. Untuk Blora sendiri khususnya Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kedungtuban telah menyiapkan 1 rombongan bus penggembira yang dikoordinatori langsung oleh Bp. Muhammad Syaefuddin (Ketua Pemuda Muhammadiyah Kedungtuban)dalam rombongan ini akan terwakili dari semua unsur. Ada IPM, NA, PM, TSPM, dan dari bapak2 pengurus AUM maupun Ibu2 aisyiah.
Sedangkan untuk PD IPM Blora sendiri akan mengirimkan 3 Peserta yang akan turut andil dalam perhelatan 50 tahun IPM tersebut. Yakni Ipmawan Latif (Ketua PD I…

Aplikasi Untuk Mengolah Foto Secara Online

Image
Berbicara mengenai grafis, tentu semua orang hampir - hampir pasti memiliki sebuah album foto, entah itu berupa soft ataupun yang sudah dicetak. Foto yang menarik adalah foto yang memiliki nilai seni tentunya, memiliki nilai kreatif dan yang cukup penting juga adalah berbeda. Tentu hal ini tidak mudah karena tidak semua foto yang kita buat bisa memiliki poin-poin tersebut. Oleh karena itu beberapa situs Online setidaknya akan bisa membuat kita mampu membuat foto menarik secara mudah, ringkas, dan dengan hasil yang memuaskan dari nilai seni.Nah, ada beberapa situs yang mampu memberi kita solusi untuk membuat foto menarik tanpa harus menguasai design grafis. DI antaranya sebagai berikut :BeFunky.com
Pixlr.com
FunPhotoBox.com
FotoFunia.com
In20years.com
Silahkan di Klik untuk langsung memodifikasi foto anda. Selamat menikmati !

Blora_ tanah air kebanggaan...

Image
Tahukah Anda tentang Blora?- Wah…yang saya tahu menurut buku pelajaran, Blora banyak hutan jati-nya!
Ah…masa hanya itu?! Anda tidak tahu tentang Pramoedya Ananta Toer?
- Wah…siapa itu ya? Waduh…anda ini bagaimana, mahasiswa kok tidak tahu penulis besar kita yang pernah dinominasikan Nobel Sastra itu?
- Maaf mas…saya memang tidak tahu Pramoedya dan Blora selain kayu jati.
Begitulah sekelumit pembicaraan tentang Blora dengan generasi muda jaman sekarang. Kota tua yang mempunyai banyak cerita namun hilang di antara cerita-cerita baru yang muncul di dunia media massa sekarang. Generasi yang hidup setelah reformasi pada umumnya tidak mengenal nama Pramoedya dan Blora. Nama itu hanya terngiang dalam bunyi-bunyi yang abstrak di antara hingar bingar jutaan informasi yang dianggap lebih cool dibandingkan membicarakan Blora. Blora adalah sebuah kabupaten di pinggiran Jawa Tengah yang berbatasan lansung dengan Jawa Timur. Secara administratif terletak di wilayah paling ujung (bersama Kabupaten Rem…

Fosil Gajah di Desa Medalem Kec. Menden

Image
Blora – Badan geologi departement energi dan sumber daya mineral bekerja sama dengan universitas walogong , sydney , australia berhasil fosil gajah lengkap di dusun sunggun desa medalem kec menden kab blora jawa tengah , penemuan fosil gajah yang sangat spektakuler ini terdiri dari kepala ,kaki, tulang ekor ,punggung ,tulang belikat dan tulang rusuk ,hanya belum menemukan tulang rahang bawah.

Ketua tim riset vertebrata badan geologi departement energi dan sumber daya mineral Fahrul Aziz mengaku bahwa untuk mencari fosil tersebut membutuhkan waktu yang lama dan kehati – hati .

Ditambahkan Fahrul bahwa penelitian di blora jawa tengah ini sudah di mulai sejak tahun 2004 , penelitian tidak hanya fosil tetapi juga aspek geologi dan fosil gajah , dengan proses pengambilan yang sangat hati -hati lalu di bungkus dengan GIF sehingga membutuhkan waktu yang lama .

Kritis atas paham keagamaan Muhammadiyah

Kepada kawan2 yang mungkin sempat membaca postingan saya ini, tolong dicermati. Artikel ini saya copy dari http://islamlib.com berjudul Kritik atas Paham Keagamaan Muhammadiyah Dakwah Kultural vs Imperialisme Islam Murni
mungkin sederhana, tapi sekali lagi tolong lihat isinya. Oleh Zakiyuddin Baidhawy

Upaya Muhammadiyah untuk mempersatukan persepsi dalam rangka menciptakan Islam yang sejuk dan bernuansa kultural di negeri ini sangat positif. Upaya semacam ini membuat kelompok abangan menjadi tidak memiliki hambatan mental untuk belajar Islam. Singkatnya, dakwah kultural Muhammadiyah mengakui secara tulus pentingnya menghargai multikulturalisme, keunikan, dan kekhasan setiap lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada dalam kategori abangan.

Satu lagi kejumudan modernisme semakin memperoleh afirmasi,
dan kini diperlihatkan oleh sebuah gerakan Islam modernis bernama Muhammadiyah,
yang terjebak dalam perangkap imperialisme dan ideologi. Mentahbiskan diri
sebagai gerakan tajdid dan dakwah…

Muhammadiyah dan NU

Tujuan tulisan ringkas ini adalah untuk memahamai masing-masing kelompok, bukan untuk memperuncing.

Muhammadiyah dan NU adalah organisasi, bukan masalah fiqh. Hanya dalam konteks Indonesia, Muhammadiyah dan NU adalah mewakili 2 golongan besar umat Islam secara fiqh juga. Muhammadiyah mewakili kelompok "modernis" (begitu ilmuwan menyebut), yang sebenarnya ada beberapa organisasi yang memiliki pandangan mirip seperti Persis (Persatuan Islam), Al-Irsyad, Sumatra Tawalib. Sedang NU (Nahdhatul Ulama) mewakili kelompok "tradisional", selain Nahdhatul Wathan, Jami'atul Washliyah, Perti, dll.

Kedua organisasi memiliki berbagai perbedaan pandangan. Dalam masyarakat perbedaan paling nyata adalah dalam berbagai masalah furu' (cabang). Misalnya Muhamadiyah melarang (bahkan membid'ahkan) bacaan Qunut di waktu Shubuh, sedang NU mensunahkan, bahkan masuk dalam ab'ad yang kalau tidak dilakukan harus melakukan sujud syahwi, dan berbagai masalah lain. (kun…

Kebiasaan

Saya adalah orang yang selalu mendampingi anda. Saya adalah pembantu anda yang paling rajin, atau beban anda yang paling berat. Saya akan mendorong anda maju, atau menarik anda jatuh ke dalam jurang kegagalan.

Saya sepenuhnya ada dalam kendali anda. Setengah dari apa yang anda lakukan mungkin akan anda serahkan kepada saya, dan saya akan melakukannya dengan cepat, tepat. Saya mudah dikelola -anda hanya perlu tegas terhadap saya. Tunjukkan bagaimana tepatnya anda ingin agar sesuatu dikerjakan, dan setelah beberapa pelajaran saya akan melakukannya secara otomatis. Saya adalah orang yang selalu mendampingi anda. Saya adalah pembantu anda yang paling rajin, atau beban anda yang paling berat. Saya akan mendorong anda maju, atau menarik anda jatuh ke dalam jurang kegagalan.

Saya sepenuhnya ada dalam kendali anda. Setengah dari apa yang anda lakukan mungkin akan anda serahkan kepada saya, dan saya akan melakukannya dengan cepat, tepat. Saya mudah dikelola -anda hanya perlu tegas terhadap say…

My Fisrt Post ...

Image
Dengan mengucap basmallah ... akhirnya bisa kasih entry baru juga nh ,,, hehe... hmm dari kemaren sibuk terus, banyak urusan, banyak kerjaan, bantuin cari dana muktamar, bikin design sticker, hhhh... bete' ... banyak deh tugasnya. Tapi akhirnya malem nie ada waktu juga ... Alhamdulilllaaaaah. :-)
Sebenernya bingung nih mau kasih postingan apa, tapi ... hmmm,
Dengan mengucap basmallah ... akhirnya bisa kasih entry baru juga nh ,,, hehe... hmm dari kemaren sibuk terus, banyak urusan, banyak kerjaan, bantuin cari dana muktamar, bikin design sticker, hhhh... bete' ... banyak deh tugasnya. Tapi akhirnya malem nie ada waktu juga ... Alhamdulilllaaaaah. :-)
Sebenernya bingung nih mau kasih postingan apa, tapi ... hmmm, ya nulis aja, sesuka hati .... lagian jari2nya udah pada nurut kalo disuruh nulis, ....
Habis keujanan, kriting semua ni jari-jari ... Alhamdulillah tadi ada dua bapak PRM yang mau ikut jadi penggembira Muktamar Juli besok, gak sia2 kedinginan kayak krupuk ... hehe.
Hmmm, …