Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Repost from Forum Icity (Indosat Community) - Sang Pena -
Hai bro n sist, apa kabar? Semoga sehat-sehat ya, tetap semangat berforum :smileyhappy:

Btw, puasa hari ini atau besok? hehe, bukan masalah. Yang puasa hari ini insha ALLAH baik, yang puasa besok juga baik, masing-masing punya dalil untuk menentukan awal ramadhan, baik yang imkanur rukyat atau metode hisab.

Yang paling penting adalah, sikap tasamuh, saling menghormati. Jangan merasa diri paling benar, dengan menyalahkan metode lain, menganggap usang dan sebagainya. Jangan sampai ramadhan malah menjadi bulan perpecahan, tetap kita harus berSATU. Jangan sampai menjadi ajang menghujat, tetapi mari angkat topi dan belajar hormat, berbesar hati.

Dalam post ini sangpena cantumkan screenshot aplikasi astronomi yang ada di tab, mungkin bisa dijadikan "wawasan" :smileyhappy: | usia bulan memang sudah masuk tanggal satu, sekalipun tidak bisa dilihat, dan memang mustahil dilihat karena ketinggiannya hanya setengah derajat.


Untuk diketahui, teknologi pada masa Rasulullah belum sejauh yang kita miliki saat ini, dan wilayah Islam saat itu masih di jazirah arab, makkah, madinah dan sekitarnya, sehingga bulan "ditemukan" dengan rukyat. Sejarah mencatat pada saat itu, pernah ada seorang penggembala yang mengaku melihat bulan, dia disumpah, lalu Rasulullah berpuasa, demikian halnya saat idul fitri.

Nah, teknologi sekarang sudah memungkinkan kita mengetahui penanggalan, terjadinya gerhana matahari, gerhana bulan, bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Bukankah kita sering menjumpai di kalender sudah tercantum gerhana, idul fitri, dan lain-lain? hehe, FYI :smileyhappy: | maka sebenarnya bukan hal sulit untuk sekedar menemukan tanggal 1 Ramadhan yang valid, karena ilmu falak dan astronomi yang sudah berkembang selama sekitar 15 abad sejak zaman Rasulullah.

Tapi, apapun perbedaannya, sekali lagi, tetap harus tasamuh. Umat Islam adalah umat yang besar, jangan sampai terpecah hanya dengan hal-hal kecil.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Hari ini sangpena puasa duluan yaa :smileyvery-happy: *may be om doc dan yang lain juga.

Pakai terus indosatnya,
Salam, sangpena.

Semarang, 28 Juni 2014

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Daftar 50 Promising University Indonesia