Gerakan Selamatkan Satwa di Merapi


YOGYAKARTA - Kolaborasi aksi bersama lintas organisasi yang menamakan sebagai kelompok Peduli Satwa Merapi terdiri dari Animal Friends Jogja–AFJ, Jakarta Animal Aid Network–JAAN, dan Centre for Orangutan Protection–COP yang saat ini masih berjuang dalam penyelamatan satwa di kawasan merapi yang terkena bencana.

"Kegiatan Aksi bersama untuk satwa di Merapi ini diawali dengan persiapan tanggap bencana yang telah dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2010, ketika statusnya siaga, dengan cara menyebarkan informasi melalui salah satu situs jejaring sosial untuk menggalang dukungan agar siap apabila terjadi bencana,” ungkap Daniek Hendarto, selaku koordinator kelompok Peduli Satwa Merapi.

Daniek menambahkan, “Kami beruntung ketika terjadi letusan pertama kami dapat langsung siap membantu, karena proses-proses koordinasi sudah dijalankan, tim pun dapat langsung terjun ke lokasi yang di pandu oleh Dinas Perternakan Kabupaten Sleman, melalui koordinasi Pos Kesehatan Hewan setempat di Pager Jurang dan pendataan satwa akibat bencana dapat dilakukan pada 28-29 Oktober 2010 untuk wilayah Kali Adem dan Kinahrejo yang terkena dampak paling parah ketika letusan pertama gunung Merapi dengan pendokumentasian dan pencatatan”.

Bantuanpun sudah didistribusikan berupa hijauan pakan ternak ke beberapa lokasi dengan menyediakan 3 (tiga) kendaraan pick up perhari, hal ini menjadi bagian yang penting dikarenakan satwa butuh makanan. Sumber-sumber pakan hijau juga didatangkan dari Kulon Progo dan beberapa lokasi lainnya. Selain menyediakan pakan, kelompok Peduli Satwa Merapi juga melakukan kegiatan Pencarian dan Penyelamatan satwa (Search and Rescue Animals) baik itu hewan domestik berupa anjing, kucing, burung-burung dan satwa liar serta pengobatan satwa dalam rangka untuk mempertahankan kesejahteraan satwa.

Di antara 22 orang sukarelawan yang tergabung di kelompok Peduli Satwa Merapi, Bandizt yang merupakan bassis dari band Shaggydog asal Jogja yang dikenal peduli satwa di Indonesia pun bergabung menunjukan kepeduliannya sebagai masyarakat Yogyakarta. “Merapi merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan satwa-satwanya harus segera mendapatkan pertolongan dan sebagai warga Jogja ayo kita bersama-sama untuk membatu masyarakat Merapi dan satwa-satwanya,“ ujar Bandizt.

Saat ini kelompok Peduli Satwa Merapi berusaha menggalang bantuan pakan hijau selama waktu tanggap darurat

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Daftar 50 Promising University Indonesia