Inovasi Teknologi Pengendalian Hama Berbasis Ekologi

Suatu inovasi teknologi akan diadopsi oleh petani, jika teknologi tersebut secara ekonomi menguntungkan petani, secara teknis mudah, dan secara ekologi aman terhadap lingkungan. Inovasi teknologi pengendalian hama berbasis ekologi terbukti meningkatkan pendapatan petani, secara teknis sangat mudah dilakukan petani, dan secara ekologis relatif tidak merusak karena lebih menekankan rekayasa budidaya dan menggunakan pestisida nabati", demikian dikemukakan oleh Prof. Dr. Subiyakto, MP dari Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat pada orasi Pengukuhan Profesor Riset bidang Entomologi di Bogor pada Senin (6/9) pagi. Berjudul : "Inovasi Teknologi Pengendalian Hama Berbasis Ekologi dalam Mendukung Pengembangan Kapas".

Menurut Prof. Dr. Subiyakto, MP pengembangan inovasi teknologi pengendalian hama kapas berbasis ekologi untuk mendukung pengembangan kapas memerlukan arah dan strategi sebagai berikut :

Arah Pengembangan
Inovasi teknologi pengendalian hama berbasis ekologi harus dapat memadukan komponen-komponen yang tersedia, sehingga mampu melestarikan keragaman hayati dan memberi hasil optimal dan berkelanjutan.

Pengendalian hama berbasis ekologi harus mengutamakan sumberdaya lokal serta partisipasi aktif petani.

Memprioritaskan penggunaan pestisida nabati, karena relatif aman terhadap lingkungan, efektif dengan bahan baku setempat.

Penggunaan pestisida kimia sintetik merupakan alternatif terakhir apabila cara-cara non kimiawi tidak memberikan hasil. Penggunaan pestisida kimia sintetis harus dapat ditekan serendah mungkin dan secara bertahap harus dapat disubstitusi dengan pestisida nabati setempat (insitu).

Inovasi teknologi pengendalian hama berbasis ekologi dapat memberikan hasil yang optimal. Kapas ditanam sesudah panen padi dan diintegrasikan dengan palawija. Kapas sebagai tanaman kedua atau tanaman penambah pendapatan dan palawija sebagai tanaman utama. Pengembangan kapas harus berorientasi pada peningkatan pendapatan petani secara keseluru

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Daftar 50 Promising University Indonesia