Bentrokan Kristen-Muslim Tewaskan 13 Orang

Liputan6.com, Kairo: Bentrokan antarkelompok minoritas Kristen dengan kelompok mayoritas Muslim di Mesir, yang terjadi setelah aksi demonstrasi untuk persamaan hak, dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 13 orang dan lebih dari 140 orang terluka, demikian dikatakan pihak Kementerian Kesehatan Mesir.

Seperti dilansir situs NHK, Kamis (10/3), kelompok minoritas Kristen terus menggelar aksi demonstrasi dan berdiam diri, sejak aksi pembakaran sebuah gereja di pinggiran kota Kairo pada awal bulan lalu. Selain itu, mereka juga terus menyerukan kepada pemerintah untuk menuntut persamaan hak dengan warga Muslim.

Sebelumnya, kedua kelompok ini juga saling melemparkan batu di lingkungan yang didominasi Kristen di kawasan ibukota Kairo pada Selasa dan Rabu lalu. Pasukan keamanan juga telah dikerahkan untuk mencegah bentrokan lebih lanjut dengan menembakkan tembakan peringatan. Namun, peringatan itu sepertinya tak mempengaruhi mereka dan justru menambah kekacauan di beberapa lokasi lainnya.

Umat Kristen Mesir tampaknya melampiaskan frustrasi mereka atas penindasan dan diskriminasi sejak aksi protes demokrasi penggulingan Presiden Hosni Mubarak pada bulan lalu. Konflik antaragama ini dikhawatirkan semakin meningkat. Para pengamat politik juga berpendapat, aksi protes penganut Kristen ini hanya membuat situasi semakin rumit dan memperdalam gejolak di Mesir. 

Sumber : Liputan 6

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Seberapa Cepat Loading Blog Anda?