IPM Desak Presiden SBY Reshuffle Mendiknas

Jakarta- Pemerintah dianggap telah gagal memenuhi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang layak, murah dan berkualitas. Maka dari itu Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah mendesak Presiden SBY mereshuffle Menteri Pendidikan Nasional karena gagal mewujudkan pendidikan yang berkulaitas dan mudah dijangkau masyarakat,

demikian disampaikan Slamet Nur Achmad Effendy, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Selasa (08/03/2011).

Slamet Nur Achmad Effendy menuturkan, ada tiga hal indikator pentingkegagalan M. Nuh dalam memimpin Kementrian Pendidikan Nasional. Pertama, merosotnya Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia. Pada tahun 2010 Indonesia berada diperingkat 65 namun tahun 2011 merosot diperingkat 69 berdasarkan data Education For All Global Monitoring 2011 oleh UNESCO dari 127 negara didunia. Selain dari itu kecenderungan angka putus sekolah diIndonesia semakin meninggi.

Kedua, Mendiknas menerbitkan Permendiknas no 24 tahun 2010 terkait hak suara Mendiknas dalam pemilihan rektor. Mendiknas dengan menggunakan kewenangannya membuat peraturan tersebut agar bisa mengintervensi proses pemilihan dan memberikan pada calon yang tentunya tidak dipilih oleh suara senat Universitas. Proses demokrasi kampus telah dinodai oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan adanya peraturan tersebut, demikian tutur Slamet Nur Achmad Effendy.

Ketiga, masih dilaksanakannya Ujian Nasional. Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah mendesak Mendiknas mematuhi keputusan kasasi MA terkait Ujian Nasional bahwa Pemerintah telah lalai dalam memberikan pemenuhan dan perlindungan Hak Asasi Manusia terhadap warga negaranya serta segera memenuhi janjinya akan meninjau kembali keberadaan Ujian Nasional. Ujian Nasional telah menjadi kepentingan elite penguasa sehingga memangkas hak pelajar dan bukan menjadi basic needpara pelajar, bahkan pelaksanannya carut marut karena mengajarkan kecurangan secara sistematis dari tingkat sekolah sampai birokrasi (dinas pendidikan), demikian Slamet Nur Achmad Effendy sampaikan dalam diskusi ‘Evaluasi Kementrian Pendidikan Untuk Indonesia Lebih Baik’ pada 7 Maret 2011 di Jakarta yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah(ipm.or.id)

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Daftar 50 Promising University Indonesia