Loading...
13 April 2011

Pemanfaatan IT Dalam Bidang Ekonomi

Dewasa ini tentu kita semua telah menjumpai kenyataan bahwasanya di semua sektor kehidupan telah mendapatkan polesan dan sentuhan teknologi. Mulai dari tukang ngamen yang paling kecil hingga pejabat teras yang menengah ke atas. Semua mengenal teknologi. Dari anak SD yang masih ingusan, hingga para Ilmuwan yang modern tak pernah lepas dari kata yang satu ini. Memang Teknologi (atau lebih dikenal IT) memiliki peran yang sangat kompleks di dalam menunjang berbagai aspek kehidupan masyarakat. Hanya saja pemanfaatannya yang hingga saat ini cenderung kurang maksimal.
IT memang bukan hal yang tabu, bahkan di daerah terpencilpun kini sudah bisa mengakses jaringan telepon seluler (ponsel), hal ini menunjukkan bahwa track perkembangan pemanfaatan IT di Indonesia mengalami kenaikan yang boleh dikatakan “sangat signifikan”. Namun hal ini tidak sejalan, karena perkembangan teknologi hanyalah untuk kebutuhan konsumsi (konsumen yang konsumtif) bukan lagi digunakan untuk sisi yang sifatnya produktif. Inilah yang perlu dipelajari untuk dicari solusinya.
Penguasaan IT sangatlah penting, karena ke depan IT tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi manusia semata, tapi IT akan memungkinkan terjadinya revolusi pada manusia secara besar-besaran. Jika kita pernah melihat film I-ROBO kita tentu akan menerka-nerka apakah mungkin kelak dalam tubuh manusia ditanamkan chip yang memudahkan aktivitas? Tentu jawabannya sangat mungkin, karena sekali lagi teknologi mengalami perkembangan yang luar biasa. Oleh karena itu sebagai bangsa yang besar (baca : Indonesia) kita harus mampu menguasai yang namanya teknologi, karena dengan menguasai teknologi kita bisa menguasai dunia. Sehingga ekonomi Indonesia tidak lagi menjadi yang terpuruk.
Namun, ketika kita membicarakan kehebatan sebuah teknologi, maka ibarat kita membicarakan tentang ketajaman sebuah mata pisau. Pisau memiliki dua sisi yang bertolak belakang. Begitu juga dengan teknologi, kita bisa menggunakannya untuk hal-hal yang positif, misal untuk pendidikan. Dan bisa juga menggunakannya untuk hal-hal yang negatif, seperti pencurian di internet (hacking) dan lain-lain.
Sampai dengan saat ini berbagai bidang telah memanfaatkan IT guna memaksimalkan kinerjanya. Mulai dari berbagai situs pemerintah, dari yang pusat hingga daerah. Semua berlomba-lomba memanfaatkan IT guna pelayanan yang lebih baik lagi di masyarakat (rakyat). Dengan adanya IT, akses rakyat ke pemerintah akan menjadi lebih cepat dan akurat. Selain karena sifatnya yang grafis antar muka (langsung bisa dilihat) teknologi memungkinkan adanya Update informasi pada saat itu juga, sehingga tidak perlu dikhawatirkan adanya berita yang kadaluarsa.
Lalu, apa yang bisa dilakukan IT dalam pengembangan sektor ekonomi? Tentu sangat banyak, dan hal inilah yang perlu digali lebih lanjut. Beberapa bentuk pemanfaatan IT dalam bidang ekonomi:
1. Website
Penggunaan website dalam bidang ekonomi tentu sangat menguntungkan. Dengan adanya website kita dapat mempromosikan barang, menjual, membeli bahkan mencari konsumen dalam jumlah yang SEBANYAK-BANYAKNYA dan tanpa harus dijaga 24 jam, karena website dapat bekerja tanpa harus mempekerjakan orang lain. Itulah salah satu keuntungan website, yakni memiliki kemampuan untuk menghasilkan uang selama 24 jam nonstop. 


2. ATM
Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri, ini adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindah bukuan antar rekening, 


3. Internet Banking
E-Banking juga merupakan salah satu terobosan ekonomi yang memungkinkan terkoneksinya antar bank dalam suatu wilayah, dan dalam lingkup lebih luas koneksi tersebut bisa mencakup antar bank international. Sehingga ketika kita bertransaksi di luar negeri kita bisa menggunakan akun bank local yang ada di Indonesia dengan menggunakan koneksi internet.

4. E-Commerce
E-commerce merupakan perdagangan online yang proses transaksinya berlangsung di dunia maya hingga menemui kesepakatan harga dan kemudian baru ke proses pengiriman dan distribusi. E-commerce kini semakin menjamur, selain sistemnya yang menguntungkan (apabila bisa menjalankan) E – commerce juga tidak terlalu banyak membutuhkan banyak tempat. Cukup dengan mempunyai computer yang terkoneksi ke internet kita sudah bisa berdagang. Mudah bukan?
Kini tinggal kita, para pelaku ekonomi berikut praktisinya yang sudah saatnnya untuk segera beralih, dari system konvensional ke system yang lebih modern dengan penggunaan IT dalam terobosan ekonomi. Sekali lagi, IT selalu ibarat mata pisau, yang bisa digunakan untuk hal yang positif dan tentu saja untuk hal-hal yang bersifat negatif. Lalu, apa yang akan kita lakukan terhadap IT? Manfaatkan dan berdayakan dengan maksimal agar Indonesia tidak hanya konsumen IT tetapi juga contributor di dalam mengembangkan IT, khususnya dalam bidang Ekonomi.

2 Komentar Sang Pena:

Silahkan berkomentar, jangan spam ya ^^

 
TOP