Aturan Agama Tentang Khamar

M. Ilham Sayuthy
[Kontributor Senior Sang Pena]
Minuman beralkohol atau minuman keras yang biasa disingkat miras adalah minuman yang dapat merusak jiwa dan raga, menghilangkan akal sehat, dan juga perbuatan yang dilarang oleh agama. Tertulis di dalam Al-Qur’an pada surah Al-Maidah:90.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.(Al-Maidah:90)
Dengan ayat tersebut ditegaskan bahwa perbuatan Khamar adalah perbuatan syaitan. Perbuatan Khamar itu sendiri dalam artian mengkonsumsi Khamar dan Nabidz (Intoxitant) yaitu termasuk pula didalamnya adalah memakai Narkoba (Nabidz). Perbuatan Khamar diartikan sebagai perbuatan yang dapat menghilangkan akal sehat / Mabuk, Namun bukan berarti bila minum sedikit asalkan tidak mabuk tidak haram, ini merupakan salah persepsi yang biasa terjadi di kalangan peminum.
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ
Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir,(Al-Baqarah:219)
Walaupun sedikit, tetap saja yang haram adalah haram, dan tidak bisa berubah hukumnya menjadi halal.
Namun larangan ini ternyata juga kita dapati dalam Alkitab yang diklaim Umat Kristen sebagai firman tuhan, bahkan jangankan sampai meminum, berada pada komunitas peminum saja sudah dilarang.
אַל-תְּהִי בְסֹבְאֵי-יָיִן-- בְּזֹלְלֵי בָשָׂר לָמוֹ.
Janganlah engkau ada diantara peminum anggur dan pelahap daging.(Amsal 23:20)
Ayat diatas melarang umat Kristen agar menjauh dari komunitas pemabuk, adapun ayat yang melarang minuman keras adalah sebagai berikut:
יַיִן וְשֵׁכָר אַל-תֵּשְׁתְּ אַתָּה וּבָנֶיךָ אִתָּךְ, בְּבֹאֲכֶם אֶל-אֹהֶל מוֹעֵד--וְלֹא תָמֻתוּ: חֻקַּת עוֹלָם, לְדֹרֹתֵיכֶם.
Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu bila masuk ke dalam kemah pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah ketetapan selamanya bagi kamu turun temurun.(Imamat 10:9)


וְעַתָּה הִשָּׁמְרִי נָא, וְאַל-תִּשְׁתִּי יַיִן וְשֵׁכָר; וְאַל-תֹּאכְלִי, כָּל-טָמֵא.
Oleh sebab itu , peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman tang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.(Hakim-Hakim 13:4)

מִכֹּל אֲשֶׁר-יֵצֵא מִגֶּפֶן הַיַּיִן לֹא תֹאכַל, וְיַיִן וְשֵׁכָר אַל-תֵּשְׁתְּ, וְכָל-טֻמְאָה, אַל-תֹּאכַל: כֹּל אֲשֶׁר-צִוִּיתִיהָ, תִּשְׁמֹר.
Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang kuperintahkan padanya.(Hakim-hakim 13:14)


הוֹי מַשְׁכִּימֵי בַבֹּקֶר, שֵׁכָר יִרְדֹּפוּ; מְאַחֲרֵי בַנֶּשֶׁף, יַיִן יַדְלִיקֵם.
Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!(Yesaya 5:11)

לֵץ הַיַּיִן, הֹמֶה שֵׁכָר; וְכָל-שֹׁגֶה בּוֹ, לֹא יֶחְכָּם.
Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.(Amsal 20:1)

זְנוּת וְיַיִן וְתִירוֹשׁ, יִקַּח-לֵב.
Anggur dan air, anggur menghilangkan daya pikir.(Hosea 4:11)

Ternyata cukup banyak juga ayat didalam alkitab yang melarang untuk perbuatan Khamar, Namun ironisnya jarang ada Umat Kristen yang mentaati ayat dari kitabnya tersebut, bahkan dalam ibadah perjamuan kudus yang diadakan seminggu sekali atau tiga minggu sekali mereka meminum khamar dalam ibadahnya.
Yohanes si Pembabtis yang merupakan salah satu nabi besar umat Kristen juga melakukan hal yang sama, yaitu tidak melakukan perbuatan Khamar, seperti ditulis pada ayat dibawah ini:

ἔσται γὰρ μέγας ἐνώπιον τοῦ Κυρίου, καὶ οἶνον καὶ σίκερα οὐ μὴ πίῃ, καὶ Πνεύματος ἁγίου πλησθήσεται ἔτι ἐκ κοιλίας μητρὸς αὐτοῦ
Sebab ia akan besar dihadapan tuhan dan ia tidak minum anggur atupun minuman keras, dan ia dipenuhi roh kudus mulai dari rahim ibunya.(Lukas 1:15)

Sama halnya dengan yesusyang mereka anggap tuhan/anak tuhan/penjelmaan tuhan, juga menolak untuk minum anggur.

ἔδωκαν αὐτῷ πιεῖν ὄξος μετὰ χολῆς μεμιγμένον· καὶ γευσάμενος οὐκ ἤθελε πιεῖν.
Lalu mereka memberi dia minum anggur bercampur empedu, setelah dia mengecapnya ia tidak mau meminumnya.(Matius 27:34)

καὶ ἐδίδουν αὐτῷ πιεῖν ἐσμυρνισμένον οἶνον· ὁ δὲ οὐκ ἔλαβε.
Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadanya, tetapi ia menolaknya.
(Markus 15:23)

Maka bila aturan agama diatas di taati dengan sungguh-sungguh, InsyaALLAH Negara kita akan bebas dari minuman keras dan pemabuk, sekaligus mengurangi jumlah kasus criminal yang disebabkan olehnya. Sebagai pemeluk agama yang taat marilah kita ikuti tuntunan yang membuat hidup kita menjadi lebih baik, sebagaimana Islam telah mengatur dan mengarahkan kita kapada tatanan kehidupan yang sempurna.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Wassalam
Ilham.

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Seberapa Cepat Loading Blog Anda?