Temu Akrab Warga IT Muhammadiyah

blogger templates
Sang-Pena Teknologi adalah sebuah alat bantu yang begitu hebat dalam sejarah ilmu pengetahuan manusia. Sebuah pengalaman dan juga pengetahuan yang membantu terus bertahannya kehidupan umat manusia di bumi ini. Dari sekedar “pesawat sederhana” hingga ke teknologi luar angkasa, revolusipun terjadi dalam beberapa tahapan perkembangan teknologi ini, seperti halnya penemuan mesin uap hingga telepon. Terus berkembang sehingga menjadikan teknologi adalah sebuah hadiah persembahan manusia untuk kehidupan ini. Dan teknologi di bidang informasi setelah telepon adalah yang paling pesat berkembang, yang menjamin seluruh dunia terhubung.

Teknologi informasi yang berkembang saat ini memungkinkan untuk melakukan sebuah kerja-kerja perubahan. Demikianlah segala perubahan dipenjuru dunia ini tidak lepas dari adanya perkembangan teknologi informasi. Seperti halnya perubahan politik dan sosial di beberapa negara akhir-akhir ini, adanya campur tangan dari teknologi informasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi ini begitu menyusup dan merembes ke segala lapisan masyarakat. Dan perkembangan teknologi informasi ini juga mempengaruhi perilaku dan juga pola hubungan berkomunikasi antar masyarakat. Seolah ada sebagian dari masyarakat kita ini membentuk masyarakat sendiri di dunia teknologi informasi ini. Demikianlah dunia Media Sosial (SocMed) digital terbentuk.

Ketika masyarakat sudah bergantung dengan dunia maya ini maka segala informasi dan perilaku juga disesuaikan dengan pendekatan pola digital ini. Segala informasi beredar dari ilmu pengetahuan, issu sosial, politik dan tidak menutup pula dengan agama. Sebuah tantangan bagi lembaga/organisasi dakwah untuk mulai berpikir dengan dunia ini. Teknologi yang begitu cepat dan juga bisa menjadi massif untuk menyebarkan informasi, sehingga kerap kali menjadi ketidaknyamanan ketika terjadi satu konflik di dunia digital tersebut, semisal kasus konflik wartawan dan sebuah lembaga pendidikan menjadi issue massif di media sosial, seolah semua masyarakat yang terlibat di media sosial tersebut terlibat dan memunculkan solidaritas.

Dan pada akhirnya menjadi keniscayaan bahwa dunia akan dimenangkan oleh mereka yang memegang informasi. Pengelolaan issu publik menjadi penting, demikian juga untuk menyebarkan secara luas sebuah informasi. Maka perlu strategi dalam pengelolaan informasi ini dan harus menjadi kepentingan bersama untuk mewujudkannya. Dan Forum TAW IT Muhammadiyah #2 ini diharapkan mampu untuk menjawab kondisi ini dengan menghadirkan teknologi informasi dalam genggaman untuk menjawab perubahan perilaku di dalam media sosial, baik itu pengetahuan agama maupun informasi organisasi. Sehingga gerak dakwah modernis ini tetap akan sesuai dengan jamannya dan bisa membaca perilaku mutakhir dari masyarakat. 

Berita Selengkapnya, klik di sini [Sang Pena]

0 Response to "Temu Akrab Warga IT Muhammadiyah"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih