Gara-Gara PIPA dan SOPA

blogger templates
Stop PIPA - SOPA
Sang Pena - BAGI pembaca yang beberapa hari ini kecewa gara-gara situs langganan downloadnya pada "ngambek" alias cuti buat menentang kebijakan SOPA sama PIPA-nya Amerika Serikat. Maka cerita yang sama juga terjadi di sini, :( sudah muter-muter mau download lagu lawas ANOMAN OBONG, eh malah situsnya pada gak bisa diakses. Seperti telah diketahui bersama (buat yang belum tau maaf ye :p) Akta Penghentian Pembajakan Online (Sopa) dan Akta Perlindungan Kekayaan Intelektual (Pipa) milik AS saat ini sedang dalam pembahasan, dalam rangka persetujuan.
Efek dari adanya atau pengesahan SOPA dan PIPA ini adalah hak bagi pemilik konten untuk menuntut laman manapun yang dituduh melakukan atau memfasilitasi pembajakan. Sopa juga menyerukan sejumlah mesin pencari untuk memblokir laman-laman bermasalah dari hasil pencarian mereka. Pipa dan Sopa fokus untuk melawan pembajakan online, khususnya pembajakan film, musik, dan media lain.
Bisa dibayangkan efek samping dari adanya regulasi ini? Yap, sangat berbahaya bagi kemajuan industri online, bisa jadi beberapa situs jejaring sosial tidak bisa gratis lagi :(, blogger, facebook, dan lain-lain. Banyak yang mengeluhkan adanya regulasi ini, seperti Google dan Wordpress, karena efek dari penyensoran ini akan berdampak sangat luas terhadap penggunaan fasilitas internet (Google dan Wordpress).
Dan penulis sendiri sebagai pengguna setia berbagai situs jejaring sosial (mewakili seluruh pengguna di dunia) berharap bahwa aturan ini tidak diberlakukan, karena : Ilmu yang sejatinya dapat diperoleh secara luas dan gratis di internet bisa menjadi berbayar, dengan apa kami membayarnya wahai AMERIKA? masih kurangkah kau menjajah negeri Islam di Timur Tengah? [Sang Pena]

1 Response to "Gara-Gara PIPA dan SOPA"

  1. wah ini lagi hangat2nya diperbinjangkan gan,,,!!!
    banyak kalangan blogger posting tntang masalah ini,,, begitu juga di jejaring sosial..!!

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih