Kualitas Guru Rendah Karena Malas Belajar

blogger templates
guru indonesia
Guru Indonesia
Sang Pena - JAKARTA - Motivasi belajar yang rendah menjadi penghambat dalam peningkatan mutu dan profesionalitas guru.
Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Satria Dharma menyebut, karena fokus pada tugasnya mengajari siswa, kebanyakan guru melupakan belajar untuk meningkatkan kompetensinya.
"Padahal, kalau berani mengajar, maka guru harus berani belajar," kata Satria seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada okezone, Sabtu (28/1/2012).
Satria mengimbuhkan, implikasi dari rendahnya motivasi belajar di kalangan guru adalah apatisme dalam pembelajaran. Pemicunya adalah ancaman kelulusan pada ujian nasional yang menjadi tujuan utama dalam sistem pembelajaran di Indonesia.
"UN melemahkan sistem pembelajaran bermutu. Guru jadi malas berinovasi dan kreatif," imbuhnya.
Hingga saat ini, IGI masih melihat mutu dan profesionalitas guru sebagai tantangan utama pendidikan nasional. Sementara, program sertifikasi dan peningkatan kesejahteraan guru belum serta merta meningkatan mutu dan profesionalitas mereka.
Padahal, menurut Satria, mutu guru adalah ujung tombak mutu pendidikan nasional. Tanpa guru yang bermutu, pendidikan berkualitas pun akan sulit didapat.
"Karena itu, upaya peningkatan profesionalitas guru jangan diganggu kegiatan politik praktis. Banyak guru menjadi korban pertarungan politik dalam pilkada. Bila tidak mendukung salah satu kandidat, seorang guru bisa dimutasi dan demosi. Ini menciderai profesionalitas guru," tegasnya.
IGI, kata Satria, tidak berpolitik praktis. Organisasi guru se-Tanah Air ini sendiri fokus pada upaya peningkatan mutu dan profesionalitas guru melalui berbagai seminar dan pelatihan.
Selain mengajak semua pihak terlibat dalam pembangunan pendidikan Tanah Air, Satria juga mengimbau anggota IGI untuk tidak berhenti mencari terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.
"Kita fokus pada peningkatan pendidikan di daerah. Carilah cara terbaik agar seluruh daerah bisa meningkat kualitas pendidikannya," ujar Satria menandaskan.(rfa) [Sang Pena]
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/28/373/565281/kualitas-guru-rendah-karena-malas-belajar

0 Response to "Kualitas Guru Rendah Karena Malas Belajar"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih