‎4 Pesan Moral Rasulullah SAW

Sang Pena - Dari status facebook mas Zainal :) dengan sedikit perbaikan redaksi. :) Semoga bermanfaat :) Ketika Rasulullah SAW sampai di kota Madinah dari perjalanan hijrah. Beliau melihat masyarakat yang sangat heterogen, masyarakat yang majemuk, masyarakat yang plural (beragam).Dalam kunjungan tersebut beliau menyampaikan sejumlah pesan. Empat pesan moral yang disampaikan oleh beliau kepada umat Islam dalam awal pembangunan masyarakat Madinah tersebut ialah:
Ufsusalam, wa silu arkham wa timut tha’am wa shalu bi lail wa nas liam.
1. Tebarkan salam kesantunan kepada orang lain, bersikaplah kalian santun kepada orang lain.
Kesantunan adalah dakwah yang paling efektif, sedangkan kebrutalan hanya akan merusak strategi dakwah.
2. Bangun keakraban dan persaudraan
Jangan bangun permusuhan walaupun terdapat segudang perbedaan.Bangun keakraban dan persaudaraan
3. Wujudkan kepedulian sosial.
Tolong orang-orang yang ekonominya lemah, terutama mereka yang menghadapi krisis pangan. Kelaparan bisa menjadi bom waktu yang dapat menghancurkan segala tatanan, walaupun sudah mapan. Ingat, orang lapar itu bisa kalap, orang lapar itu bisa nekad, wujudkan kepedulian sosial.
4. wa shalu bi lail wa nas jam.
Umat muslim harus memelihara shalat malam, ketika orang-orang non muslim tidur nyenyak, seorang muslim harus bangun untuk melakukan shalat malam.
Empat pesan moral Nabi MUHAMMAD SAW sangat relevan untuk kondisi bangsa kita sekarang ini yang tengah dirundung duka. Duka dalam segi ekonomi, tatanan moral, dan kepedulian sosial. Semoga bermanfaat :)
Terima kasih. 

Regard,
Lyla :)

Comments

Popular posts from this blog

Your Link Exchange

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Daftar 50 Promising University Indonesia