Motivasi : Konsep Diri Positif

blogger templates
lady farhana
Sang Pena - Dikisahkan ada dua orang kaka beradik yang sama sama mengelola toko kelontong. Kakak beradik ini mendapatkan modal dari ayahnya untuk menjalankan usaha toko kelontong yang lokasinya tidak terlalu jauh berbeda. Sang ayah hanya berpesan tentang dua hal yang selalu diperhatikan. Yakni, “pertama, jangan menagih utang kepada orang yang berhutang kepadamu dan kedua, setiap pergi dari rumah ke toko atau sebaliknya, jangan sampai terkena sinar matahari.”
Waktu terus berjalan, dan masing masing berusaha mengelola tokonya dengan menjalankan pesan ayahnya. Setelah beberapa tahun ayahnya meninggal, kenyataan yang terjadi adalah anak yang lebih tua tokonya menjadi berkembang, barang barang nya semakin banyak dan semakin bertambah kaya. Sebaliknya sang adik usahanya semakin menurun, barang barangnya semakin menyusut dan menjadi semakin miskin.
Ibunya melihat seperti itu merasa heran dan menanyakan kepada masing masing anaknya.
Ketika ditanyakan kepada anak yang lebih kecil, jawabannya adalah,”semua ini karena saya mengikuti pesan ayah. Pesan pertama, jangan menagih utang kepada orang yang berhutang kepadaku, dan sebagai akibatnya modalku susut karena orang yang berhutang kepadaku tidak membayar,sementara aku tidak boleh menagih. Ayah juga berpesan agar setiap pergi dari rumah ke toko atau sebaliknya, jangan sampai terkena sinar matahari. Akibatnya, saya selalu membawa mobil atau naik taksi menuju toko atau pulang ke rumah. Padahal, kalau mau dengan berjalan kaki saja sampai, tetapi karena pesan ayah demikian maka pengeluaranku menjadi bertambah banyak. ”
Sedangkan ketika ibunya bertanya kepada anak yang lebih tua yang lebih berhasil mengelola usahanya,jawabannya adalah :” semua ini karena berkat dua pesan ayah. pertama,ayah berpesan agar tidak menagih utang kepada orang yang berhutang kepada  saya,maka saya tidak mengutangkan kepada orang lain sehingga modal saya tidak susut. Kalau ada orang yang ingin berutang, saya lebih senang memberikan bantuan uang sesuai kemampuan saya saja sehingga saya tidak perlu menagih hutang. Ayah juga berpesan agar setiap pergi dari rumah ke toko atau sebaliknya, jangan sampai terkena sinar matahari maka saya selalu berangkat ke toko dengan berjalan kaki lebih awal sebelum matahari terbit dan pulang kerumah lebih lambat sesuadah matahari terbenam. Akibatnya, toko saya buka sebelum toko lain buka dan tutup jauh sesudah toko yang lain tutup. Kebiasaan itu menjadikan banyak orang tau dan tokoku menjadi laris karena mempunyai jam kerja lebih panjang...” [Sang Pena] from lady farhana note.

8 Responses to "Motivasi : Konsep Diri Positif"

  1. bagus ,,semangat dan motifasi harus ada ..

    ReplyDelete
  2. semua ini karena saya mengikuti pesan ayah.

    pesan yang bermoral dan berbobot good job

    ReplyDelete
  3. Pertama diindonesia, Bisnis online yang terbukti membayar, kerja 1-2 jam perhari, gaji jutaan rupiah. Hanya ada di bisnis ODAP. Info selengkapnya klik dan daftar gratisss,,, http://www.penasaran.net/?ref=j9mfaf

    ReplyDelete
  4. wah ane pernah baca nih gan, emang bener kok masuk di akal .
    "kebiasaan" itu bisa membawa kita ke hal yang lebih buruk, atau ke hal yang lebih baik .^^

    ReplyDelete
  5. @Agit he'em gan :) isinya emang bagus :)

    ReplyDelete
  6. izin share ya...

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih