Opini : Kuliah, Luruskan Niat!

blogger templates
niat karena Allah
Apakah semua kampus besar dan ternama akan menjamin anda sukses?
Pertanyaan ini beberapa tahun lalu dilontarkan oleh salah satu pembina penulis ketika hendak kuliah. Jika dibaca berulang-ulang, pertanyaan tersebut sebenarnya merupakan sebuah penegasan yang jelas; bahwa sukses ataupun tidak bukan ditentukan dari besar atau tidaknya sebuah kampus. Tetapi ditentukan dari perjuangan dan kemauan yang keras untuk belajar, dan untuk memahami karena tak sedikit yang belajar begitu lama tapi tak kunjung paham tentang untuk apa sebenarnya belajar itu.
Apalagi, beberapa hal yang salah kaprah tetapi dianggap lumrah di masyarakat adalah bahwa kampus besar dan ternama akan menjamin sukses. Sedangkan kampus yang kecil hanya akan menjadikan mahasiswanya sebagai “orang kecil”. Hal itu tidak semua benar, karena kampus yang kecil suatu saat juga akan menjadi besar, tinggal menunggu waktu saja. Bahkan, kenyataan yang penulis temukan di lapangan bahwa etos kerja di kampus kecil cenderung lebih besar dan luar biasa untuk membawa kampusnya berkembang.
Memilih kampus yang ideal merupakan sebuah keharusan. Namun, langkah pertama yang sebenarnya harus dilakukan adalah bukan memilih tetapi meluruskan niat. Niat untuk belajar dimanapun kelak kita akan menempuh studi. Niat untuk berkarya dengan segala sumber daya yang dapat kita manfaatkan. Dan niat untuk memberikan prestasi terbaik di kampus tempat kita bernaung.
Peribahasa bijak mengatakan bahwa, “dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Maka demikian pula ketika kita hendak kuliah. Yakinlah bahwa semua kampus yang besar dimulai dari  kontribusi mahasiswanya yang berkarya untuk kampus tersebut. Bukan kampus yang menjadikan mahasiswanya ternama.
Jika kelak terpaksa kita mendapatkan kampus yang belum memiliki nama atau tidak sesuai harapan. Maka, bukan disikapi dengan belajar yang tidak maksimal atau kuliah yang ala kadarnya. Justru di situlah tugas seorang mahasiswa untuk memberikan kontribusi yang lebih agar kampusnya dikenal masyarakat luas.
Akhirnya, memilihlah dimanapun dan luruskan niat. Innama a’malu binniyat, sesungguhnya segala sesuatu ditentukan dari niatnya. Niatkan belajar dan guncangkan kampus dengan prestasimu! Selamat memilih.

1 Response to "Opini : Kuliah, Luruskan Niat!"

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih