Mewujudkan Mimpi Founding Father's

mewujudkan mimpi
Sang Pena - Opini - Oleh Dian S Pangribuan* (Seputar Indonesia-4 Juni 2012) Syarat utama sebuah bangsa menurut Ernest Renan adalah kehendak untuk bersatu (le desir d’etre ensemble) dan dengan memahami Pancasila dari sejarahnya dapat diketahui bahwa Pancasila merupakan sebuah kompromi dan konsensus nasional.

Karena Pancasila memuat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh semua golongan dan lapisan masyarakat Indonesia. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara itu memberikan pengertian bahwa negara Indonesia adalah negara Pancasila. Hal itu mengandung arti bahwa negara harus tunduk kepadanya, membela dan melaksanakannya dalam seluruh perundang-undangan.

Mengenai hal itu,Kirdi Dipoyudo (1979) menjelaskan: “Negara Pancasila adalah suatu negara yang didirikan, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak asasi semua warga bangsa Indonesia (kemanusiaan yang adil dan beradab), agar masing-masing dapat hidup layak sebagai manusia, mengembangkan dirinya dan mewujudkan kesejahteraannya lahir batin selengkap mungkin, memajukan kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan lahir batin seluruh rakyat, dan mencerdaskan kehidupan bangsa (keadilan sosial).

” Para founding fathers, puluhan tahun silam sudah menyusun dan menguraikan apa yang menjadi tujuannya seperti persatuan bangsa, mencerdaskan bangsa, serta menyejahterakan bangsa. Sama halnya yang dilakukan negara-negara lain di dunia yang sudah maju seperti Jerman,Amerika,Jepang.Hanya saja,kondisi sekarang ini sangat jauh dari apa yang dicita-citakan para founding fathers. Dan sekarang ada pertanyaan apakah kita betul-betul sudah melaksanakan amanat dari founding fathers kita? Amanat yang merupakan visi ke depan bangsa ini, tentu mempunyai tahapan-tahapan yang tidak mungkin sekaligus tercapai.

Pilih saja indikator pencapaian cita-cita para founding fathers dari kesejahteraan sosial/ekonomi, pendidikan, keamanan. Bagaimana keadaannya sekarang? Pancasila sebagai dasar negara Indonesia,sampai di mana pelaksanaannya? Sudahkan kita sebagai warga negara merasakan keamanan, kesejahteraan seperti cita-cita founding fathers?
* Mahasiswa Jurusan Agrobisnis, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS)

Comments

Popular posts from this blog

Download Ebook Buka Langsung Laris | Gratis!

Forum ICITY: Transformasi Cara Berkomunikasi & Berbagi Solusi

Karya Kartun Tapak Suci III