PTN-PTS, Bersinergi Membangun Bangsa

blogger templates
sinergi membangun bangsa
Sang Pena - Sebenarnya kurang bijak ketika membahas mana yang lebih baik, membandingkan antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta. Karena keduanya sama. Sama-sama memberikan kontribusi, dan sama-sama berdiri dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Memang, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa perguruan tinggi negeri selalu selangkah lebih baik dibandingkan swasta, baik dari segi infrastruktur pendukung perkuliahan, maupun dukungan dari pemerintah. Hal ini benar adanya. Namun, tidak dipungkiri pula bahwa tidak sedikit perguruan tinggi swasta yang tidak kalah bergengsi dibandingkan perguruan tinggi negeri. Bahkan dari segi perkembangan telah jauh lebih pesat melampaui perguruan tinggi negeri.
Menyikapi realita yang demikian, jelas tidak bisa indikator negeri dan bukan negeri (swasta) yang dijadikan pedoman dalam penilaian. Karena memang, pada dasarnya keduanya berdiri dengan tujuan jelas : mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan malah bersaing memperebutkan mahasiswa.
Jika orientasi pendidikan di perguruan tinggi hanya untuk berebut mahasiswa sebanyak-banyaknya, maka perguruan tinggi tidak lagi patut disebut wadah dalam mendidik dan membangun bangsa. Tetapi lebih kepada pasar yang mengomersialkan pendidikan.
Dengan hadirnya perguruan tinggi swasta, harusnya menjadi angin segar bagi perguruan tinggi negeri. Karena apa? Kehadirannya merupakan bentuk kesadaran dari masyarakat yang mengerti betapa pentingnya sebuah pendidikan bagi suatu negara, apalagi untuk sebuah negara sebesar Indonesia.
Sikap yang ideal agar semuanya dapat berjalan adalah bersinergi, bersama-sama berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa melalui pendidikan. Jika keduanya mau bersatu dan saling melengkapi, bukan tidak mungkin negara ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Karena membangun pendidikan, adalah membangun bangsa.

0 Response to "PTN-PTS, Bersinergi Membangun Bangsa"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih