Catatan Riyadhoh: Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus

blogger templates
IBK Unimus, RIyadhoh
Sang Pena - Satu tagline, yang benar-benar saya ingat ketika membuat tulisan ini, sambil mengenang – terpejam – riyadhoh wisata hati Jawa Tengah, adalah Riyadhoh, Menuju KemudahanNya. Kata yang singkat, namun sarat makna. Makna yang hendak disampaikan, bahwa Riyadhoh mampu membawa kita hidup berlimpah kemudahan. 

Riyadhoh, menurut bahasa berarti latihan atau membiasakan. Sedangkan menurut Istilah, riyadhoh bisa bermakna proses, usaha, untuk melatih atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan cara apa? Meningkatkan intensitas amalan-amalan dan ibadah kepada Allah SWT.

Kenapa harus riyadhoh? Tidak bisa kita pungkiri, yang namanya iman, adalah “wujud” tak kasat mata yang kondisinya selalu naik dan turun. Hanya hamba pilihan yang mampu stabil imannya. Pun demikian, yang sudah stabil saja masih diuji, apalagi kita yang imannya, harus jujur diakui, masih tak seberapa. Harapannya, dengan mengikuti riyadhoh, ghirah (semangat) untuk kembali mendekatkan diri kepada Allah dapat dimunculkan. Karena dengan kedekatan ilahiyah, aktivitas duniawi akan memperoleh kemudahan, insyaAllah, terutama untuk kita yang sedang take action berwirausaha.

Pada tanggal 9-10 Juni 2013 (cukup lama), IbK Universitas Muhammadiyah Semarang bekerja sama dengan Wisata Hati Jawa Tengah menyelenggarakan Riyadhoh untuk peserta Ipteks Bagi Kewirausahaan (IbK). Acara yang merupakan rangkaian sekolah wirausaha ini mempertemukan para calon wirausaha dengan para pedakwah Islam. Diberikan wawasan seputar amalan-amalan Islami, wawasan spiritual, dan konsep hidup yang ideal bagi seorang muslim berkemajuan.

Dengan mengangkat tema besar “Menuju KemudahanNya” Riyadhoh angkatan ini diajak untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dengan konsep utama: Allah dulu, Allah lagi, Allah terus! Kelihatan singkat, tapi sangat berbobot dan butuh usaha keras untuk mewujudkannya. 

Ada tujuh pilar wisata hati, yang masih kami ingat, yaitu:
1.       Sholat diawal waktu (berjamaah +  sholat rawatib)
2.       Membaca, memahami serta menghafalkan al quran,
3.       Sholat dhuha,
4.       Sholat tahajjud,
5.       Puasa senin kamis,
6.       Berdzikir dan;
7.       Bersedekah 
s
 Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Catatan Riyadhoh: Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih