Outbond & Kunjungan UKM Ipteks Bagi Kewirausahaan

blogger templates
Sang Pena - Anda suka jalan-jalan? Suka outbound? Atau suka sesuatu yang baru dan menguji batas adrenalin? Yap, semua orang yang berjiwa “traveler” sangat menyukai semua hal yang baru, apalagi yang menantang. Tak terkecuali outbound. Outbound merupakan salah satu aktivitas penunjang yang dijadikan sarana refreshing dan pembentukan teamwork yang solid, baik bagi sebuah institusi maupun perusahaan. 

Ibteks Bagi Kewirausahaan atau yang lebih familiar dengan sebutan IbK Universitas Muhammadiyah Semarang, sukses menyelenggarakan Outbound sekaligus Kunjungan UKM (Usaha Kecil Menengah). Kegiatan yang dikemas dalam satu paket ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 September 2013.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini mendapat perhatian yang luar biasa dari peserta. Tak terkecuali penulis :) Total sebanyak 25 mahasiswa dari berbagai prodi, baik penerima hibah kewirausahaan dan yang belum mengikuti dengan antusias acara ini di semua sesi kunjungan. Ilmu yang diperoleh sangat berbeda, karena langsung diperoleh dari praktisi yang sudah berpengalaman. 

Sesuai jadwal yang kami terima, UKM yang pertama kali dikunjungi adalah Kaos Onnic yang berlokasi di Ungaran. Kaos Onnic merupakan salah satu produsen kaos lokal yang mampu bersaing dan bertahan dengan kualitas yang memuaskan. Di Kaos Onnic, saya dan kawan-kawan tidak hanya diceramahi ilmu dalam bisnis percetakan kaos, kami juga diberikan kesempatan untuk mencoba setiap proses dalam pembuatan kaos. Puas dari sini, perjalan dilanjutkan ke lokasi berikutnya. 

Lokasi kunjungan ke dua adalah UKM yang fokus bisnisnya pada industri pengolahan kreatif berbahan dasar kedelai. Di UKM ini kedelai diolah menjadi jajanan khas yang memiliki nilai jual tinggi, tidak hanya secara kualitas dan segi kesehatan, bahkan ekspansi pasar dari produk ini tidak diragukan lagi, terbukti hasil olahan UKM Kedelai ini tembus pemasarannya di Pulau Dewata (Bali), luar biasa.

Terakhir, acara ditutup dengan Outbound yang fokusnya mengasah poin penting dalam berwirausaha: kerja sama dan keberanian untuk mencoba. Outbound pertama berlokasi di Curug Klenthing Kuning. Kemudian dilanjutkan flying fox di Umbul Sidomukti. Di lokasi ke dua inilah peserta ditantang adrenalinnya untuk menaklukan ketinggian. Alhamdulillah, baik di lokasi pertama dan ke dua outbound berlangsung lancar dan tanpa halangan apapun. Sekalipun ada insiden “gagal nyali” dari beberapa peserta, namun sama sekali tidak mengurangi suksesnya rangkaian acara ini. 

Acara selesai pukul 04.30 PM. Tidak ada sedikitpun tersirat rasa lelah sekalipun seharian bermandi peluh dan menguras tenaga. Memang demikianlah seharusnya setiap mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha. Rombongan akhirnya pulang dan sampai di kampus tercinta pukul 06.45 PM. Begitulah proses :) tanpa pernah lupa ber-PROGRESS!

Being an entrepreneurs need a learning process to get success :) 

0 Response to "Outbond & Kunjungan UKM Ipteks Bagi Kewirausahaan"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih