Tahun Baru, Semangat Baru!

blogger templates
Tahun Baru Islam
yesimmuslimdealwithit.blogspot.com
 Semoga tahun ini lebih baik, semoga tahun ini lebih dahsyat!
Sang Pena - Alhamdulillahirobbil'alamin, selaksa rasa syukur patut kita panjatkan, karena atas nikmatNya, kita masih berkesempatan jumpa kembali dengan tahun baru Islam. Mungkin, ada sebagian dari keluarga kita, sanak saudara, sahabat yang tidak lagi berkesempatan melihat dunia. Maka, sudah sebuah kewajiban bagi kita untuk bersyukur atas kesempatan hidup ini, tak lupa mendoakan mereka yang lebih awal "pulang" :)

Mari flashback sebentar ya, sejarah kalender Islam tidak lepas dari peran khalifah Umar bin Khattab. Kala itu beliau melihat ada banyak persoalan ketika wilayah kekuasaan Islam makin meluas. Terutama masalah administrasi, surat-menyurat antar penguasa daerah dan penguasa pusat belum rapi karena belum ada kesepakatan tentang penanggalan.


Masing-masing daerah kekuasaan Islam memiliki kalender yang berbeda, yang seringkali antara satu dengan yang lain tidak memiliki acuan yang tunggal. Meskipun Jazirah Arab kala itu sudah mengenal adanya kalender qomariyah, tapi mereka hanya mengenal sebatas tanggal dan bulan, tanpa pernah tahu tahun berapa. 


Atas dasar itulah akhirnya khalifah Umar mengumpulkan para sahabat untuk menentukan satu sistem penanggalan bagi umat Islam secara global. Akhirnya diputuskanlah awal tahun kalender Islam dimulai sejak hijrahnya Rasulullah, ini pula yang menjadi sebab dinamakan sebagai kalender Hijriyah.


Demikian seterusnya musyawarah itu berlangsung hingga akhirnya tercapai keputusan untuk menggunakan kalender hijriyah sebagai kalender Islam, sebagaimana yang kita lihat sekarang.


Kembali ke konteks tahun baru, tahun baru Islam pasti berbeda dengan tahun baru masehi. Ada lho yang nyeletuk begini, "kok gak dirayakan?", lha buat apa dirayakan? biar rame? tidak usah lah, umat Islam cukup bersyukur dan mengawali tahun baru ini dengan do'a dan tindakan. Agar tahun ini lebih baik, agar umat Islam lebih jaya, agar Islam bangkit, agar dapat terwujud rahmatan lil 'alamin. Aamiin.


Tidak cukup do'a, kita
juga harus melakukan pembenahan pribadi, dan tindakan :)
 

Semoga tahun ini lebih baik, semoga tahun ini lebih dahsyat! Gegap gempita tahun baru masehi boleh lebih baik, tapi tindakan nyata kita masing-masing sebagai bagian dari Islam haruslah lebih baik :)

Selamat tahun baru, 1435 Hijriah! Insya Allah Islam akan jaya! :)
 
Semarang, 5 Nopember 2013

0 Response to "Tahun Baru, Semangat Baru!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih