Skripsi dan Google Drive | The New Era of Collaboration

blogger templates
Sang Pena - Haloo, selamat pagi pembaca semuanya :) semoga senantiasa berlimpah keberkahan, aamiin. Ada yang pernah mendengar istilah Cloud Computing? Belum ya, oke saya jelaskan, Cloud Computing adalah sebuah paradigma (cara berfikir) baru pada dunia digital dalam pemberian layanan komputasi (IT Services) yang dimana memungkinkan pengguna seperti saya dan Anda semua ini untuk dapat “menyewa dan menggunakan” sumber daya sesuai kebutuhan lewat media internet. Jadi, istilahnya adalah semua kita titipkan di “awan” (cloud).
Dengan demikian, pekerjaan kantor hingga keperluan pribadi, cukup one access, semua kita tempatkan di internet, semua kita amankan di internet. Sehingga, dari manapun kita mengakses di kemudian hari, selama memiliki jaringan internet, file ataupun dokumen penting dapat kita modifikasi, perbaharui, menambah, menghapus, dan lain sebagainya, tanpa harus khawatir kehilangan data, tanpa harus khawatir terkena virus.
Teknologi semacam ini, akhirnya memungkinkan lahirnya OS baru yang cukup memiliki fitur internet dengan storage kecil yang tidak perlu dipermasalahkan, karena pada intinya, semua akan kita letakkan di penyimpanan “awan”.
Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit memperkenalkan Google Drive, yakni sebuah fitur penyimpanan di awan yang dimiliki oleh raksasa teknologi, Google. Seperti yang saya sebutkan di awal, Google Drive memungkinkan para user, untuk: mengakses file, membuat file baru, mengakses file yang tersimpan di Google Drive, sampai berbagi file apapun yang kita kehendaki.
Untuk para Mahasiswa tingkat akhir, (seperti penulis) sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini. Sebagai wujud antisipasi ketika data skripsi atau penelitian yang kita kerjakan perlu adanya back up di dunia maya. Google menyediakan kapasitas gratis yang terintegrasi dengan Gmail sebesar 15GB, kapasitas yang cukup besar untuk penyimpanan dokumen.
Bagaimana cara memulai menggunakan Google Drive?
Sebelum memulai menggunakan Google Drive, pastikan anda sudah terdaftar dan memiliki akun google yang aktif dan dapat diakses. Yang belum memiliki akun google, silakan mendaftar dulu di sini Setelah itu arahkan address bar internet anda ke alamat berikut: drive.google.com untuk mengaktifkan layanan. Jika sudah, anda siap untuk memulai menggunakan layanan ini. 

Melihat gambar di atas (dashboard Google Drive penulis) Anda dapat melihat bahwa sekilas Google Drive ini mirip dengan cara kerja Google Docs. Nah, untuk para mahasiswa tingkat akhir, di gambar tersebut (dilingkari warna merah) terdapat tautan untuk Pasang Drive untuk Komputer Anda. Download, dan next terus sampai proses instalasi selesai. Setelah instalasi selesai, anda akan menemukan Shortcut baru seperti di bawah ini: 

Silakan dibuka dan lakukan konfigurasi Folder yang akan dibuat autosync dengan Google Drive. Misal folder skripsi, tugas kuliah, materi kampus, atau apa saja yang memang membutuhkan file cadangan di komputasi awan. Tidak ada pembatasan tentang ekstensi file yang akan kita back up. Setelah dipilih, maka file di folder tersebut akan otomatis diback up selama 24 jam oleh Google Drive (dengan syarat terkoneksi dengan internet). 

Ada beberapa informasi tambahan yang harus Anda ketahui seputar Google Drive:
1. Dokumen bebas
Google memang memberikan Anda ruang penyimpanan 15 GB gratis, tetapi hebatnya setiap dokumen yang Anda buat dalam Drive terhitung gratis.
2. Upload hingga 30 jenis file
Google Drive mendukung penyimpanan dan tampilan 30 jenis file populer. Jadi, Anda dapat meng-upload sebuah film ke Drive dan memainkannya kembali dalam browser Anda, di mana pun Anda berada.
3. Berbagi file, folder, atau seluruh drive
Fitur ini adalah fitur berbagi sederhana yang dimiliki Google. Hanya dengan klik kanan pada sebuah file, pilih “share…” dan tentukan opsi dari share itu. Untuk memberikan akses ke seseorang untuk seluruh drive Anda, klik tombol dengan orang dan tanda plus di bagian atas.
4. Memanfaatkan Google Goggles
Dengan teknologi Goggle yang dibangun dalam Drive, Anda dapat mencari foto menggunakan bar pencarian. Demikian juga, Anda dapat mencari teks dalam dokumen yang dipindai. Setelah beberapa pengujian, fitur ini tidak benar-benar dapat diandalkan, tapi layak dicoba jika Anda memerlukan bantuan menemukan file atau foto.

5. Berkolaborasi pada video, foto, dan banyak lagi
Fitur kolaborasi dari Google Docs sekarang tersedia untuk semua jenis file. Misalnya, jika Anda meng-upload video ke Drive dan berbagi dengan orang lain, Anda akan dapat membahas video dengan alat komentar.
6. Instal aplikasi pihak ketiga
Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi yang bekerja secara lancar dengan Google Drive. Pixlr salah satunya yang memungkinkan Anda mengedit foto yang diunggah, HelloFax memungkinkan Anda mengirim faks bebas, dan DocuSign memungkinkan Anda menandatangani dokumen resmi, semua bisa diinstal dalam Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lebih banyak lagi, pergi ke Google Drive> Setting> Manage apps> Get more Apps.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda memanfaatkan penggunaan layanan penyimpanan dari Google ini. Dan untuk mahasiswa, cocok banget untuk “penyimpanan skripsi”. Jadi, tidak ada lagi istilah kehilangan data kan? ;) Selamat mencoba :) dan pastikan speed internet Anda cukup kenceng untuk auto back up file yang size nya gede :)

Salam, sang pena.
Owner MuslimShop ID
Semarang, 16 April 2014 | 7:17 Am
Sepenuh dan selaksa kesyukuran.

0 Response to "Skripsi dan Google Drive | The New Era of Collaboration"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih