Mengenal Tizen - The OS of Everything

blogger templates

Apa itu tizen, tizen, sangpena

sangpena.com | Bro n Sist, bagi pengguna smartphone tentu tidak asing dengan yang namanya Android, Blackberry, iOS, Windows Phone dan lain sebagainya. Tapi sudah kenal sama Tizen belum? Bukan Tizen di Iron Man I lho ya #lupakan. Tizen adalah sistem operasi yang terbuka dan fleksibel yang dibangun dari bawah ke atas untuk mengatasi kebutuhan semua pemangku kepentingan dalam industri mobile dan ekosistem perangkat yang terhubung, termasuk produsen perangkat, operator telekomunikasi, pengembang aplikasi dan vendor software independen (ISV). Tizen dikembangkan oleh komunitas pengembang, di bawah pengelolaan open source, dan terbuka untuk semua anggota yang ingin berpartisipasi.

Sistem operasi Tizen datang dalam beberapa profil untuk melayani kebutuhan industri yang berbeda. Profil Tizen saat ini adalah Tizen IVI (in-vehicle infotainment), Tizen Mobile, Tizen TV, dan Tizen Wearable. Selain itu, pada Tizen 3.0, semua profil dibangun di atas platform umum (common), infrastruktur bersama yang disebut Tizen Common.

Nah dengan Tizen, sebuah produsen perangkat mobile dapat memulai proyek mereka dengan salah satu dari profil diatas dan memodifikasinya untuk melayani kebutuhan mereka sendiri, atau menggunakan basis Tizen Common untuk mengembangkan profil baru untuk memenuhi persyaratan memori, pemrosesan dan daya untuk perangkat apapun dan dengan cepat membawanya ke pasar.

Operator seluler dapat bekerja dengan mitra perangkat untuk menyesuaikan sistem operasi dan pengalaman pengguna untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari segmen pelanggan atau demografi.

Untuk pengembang aplikasi dan ISV, Tizen menawarkan kekuatan pengembangan aplikasi native dengan fleksibilitas dukungan HTML5 yang tak tertandingi. Tizen juga menawarkan potensi pengembang aplikasi untuk memperluas jangkauan mereka dengan "perangkat pintar" yang baru yang menjalankan Tizen, termasuk perangkat wearable, perangkat elektronik konsumen (TV , konsol game, DVR, dll), mobil dan peralatan rumah tangga (lemari es, microwave, mesin cuci, vacum cleaner dan lainnya).

Proyek Tizen berada dalam naungan Linux Foundation dan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis (Technical Steering Group/TSG). Technical Steering Group adalah badan utama pembuat keputusan untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan dan penyempaian platform, bersama dengan pembentukan kelompok kerja (working group) untuk mendukung perangkat secara vertikal.

Tizen Association telah dibentuk untuk memandu peran industri dari Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, identifikasi dan fasilitasi pelayanan model, serta pemasaran dan pendidikan industri secara keseluruhan.

Lebih lengkap? Silakan simak video berikut di atas :)


Akankah "masa depan" Tizen bisa semulus kisah Android? Kita tunggu saja :)

0 Response to "Mengenal Tizen - The OS of Everything"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih