Catatan Janji Jokowi - JK

blogger templates
Catatan Janji Jokowi - JK
sangpena.com | Sekedar pengingat untuk lima tahun ke depan :) | Catatan Janji2 Jokowi-JK

Berdasarkan visi-misi, Jokowi-JK memilih untuk menggunakan kata-kata kemandirian ekonomi dan berdaya saing. Dalam hal kemiskinan dan ketimpangan, Jokowi-JK menargetkan penurunan angka kemiskinan sebesar 5-6 persen.

Dalam bidang pertanian dan Pangan, Jokowi-JK juga mempunyai program yakni, pemberantasan mafia impor dan pendistribusian
aset terhadap petani. Mereka juga mencanangkan membangun perumahan untuk buruh di kawasan industri.

Dalam bidang energi, khususnya dalam hal konsumsi BBM, Jokowi-JK berjanji untuk mengurangi subsidi BBM. Namun, terdapat perbedaan dalam hal pengimplementasiannya. Jokowi-JK lebih mengedepankan konversi BBM kepada gas dalam bidang transportasi, dan merealokasikan sebagian subsidi BBM ke penyediaan biofuel.

Dalam hal utang dan pembiayaan pembangunan, Jokowi-JK berkeinginan untuk mengurangi utang secara bertahap dan menggunakan utang hanya untuk membiayai pengeluaran pemerintah yang produktif.

Bidang selanjutnya adalah bidang mengenai pasar tradisional. Jokowi-JK mempunyai program yakni memprioritaskan akses modal bagi UMKM dan pendampingan ekonomi. Selain itu, Jokowi-JK mempunyai program untuk merenovasi lima ribu pasar tradisional yang berumur lebih dari 25 tahun.

Dalam hal pemekaraan daerah, Jokowi-JK mempunyai program menata dan peninjauan kembali daerah administrasi. Dalam bidang perbankan, Jokowi-JK yakni seperti kebijakan untuk membatasi penjualan saham bank nasional kepada asing dan peraturan yang lebih ketat untuk menghidari konglomerasi.

Selain itu terdapat kebijakan untuk mengimplementasikan asas resiprokal dan mendukung perbankan nasional dalam menghadapi ASEAN Free Trade Area. Jokowi-JK juga mempunyai program untuk membangun bank khusus pertanian.

Kemudian membahas mengenai program-progam tersebut, Jokowi-JK berorientasi kepada pembangunan yang bersifat mental, salah satu program tersebut adalah revolusi mental.

0 Response to "Catatan Janji Jokowi - JK"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar, yang sopan ya :) | Semua komentar akan dimoderasi.

Hendak diskusi dengan penulis, silakan via email di pena_sastra@yahoo.com. Terima kasih